Tanggap Covid-19, DPRD Tuban Selenggarakan Sosialisasi PHBS

SURABAYAPAGI.COM. Tuban- Prihatin atas sebaran virus corona (Covid-19) dan segala bahayanya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban menyelenggarakan sosisalisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Ruang pertemuan setempat. Jum’at, (27/03/2020).

Sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh ketua DPRD Tuban, H. Miyadi dengan didampingi perwakilan Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A). Dengan di ikuti puluhan pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) masing-masing kecamatan se- Kabupaten Tuban.

Ada beberapa hal yang disampaikan H. Miyadi kepada peserta diantaranya membiasakan hidup sehat guna, sering mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker dan hand sanitizer, rajin berolahraga serta menghindari memakan makanan mentah.

Meskipun terlihat sederhana, tapi beberapa kebiasaan tersebut mampu menjadi pencegahan awal masuknya beberapa bakteri dan virus kedalam tubuh. Termasuk Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di Indonesia.

"Kita harus membiasakan pola hidup sehat. Termasuk menjaga kualitas makanan," terangnya.

Selain itu, H. Miyadi juga menyampaikan pentingnya posisi TKSK sebagai garda terdepan dalam membantu pemerintah mengawal masyarakat dalam rangka pencegahan merambahnya Covid-19.

Keberadaan TKSK disetiap kecamatan, selain terus bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat juga diharapkan ketua DPRD dua periode itu untuk turut memantau perkembangan informasi covid-19 diwilayahnya masing- masing.

Sehingga informasi bisa didapat secara akurat serta cepat tersampai ke Gugus tugas penanggulangan Covid-19.

"Virus ini sangat berbahaya tapi kita tidak boleh panik, artinya TKSK harus bergerak cepat untuk memberikan sosialisasi kepada maayarakat," serunya.

H. Miyadi juga mengimbau, TKSK sebagai garda terdepan untuk menjaga diri, keluarga, kolega, dan masyarakat luas. Dengan begitu, dapat menjadi langkah yang efektif dalam pencegahan Covid-19 secara masif, sehingga Kabupaten Tuban bisa bebas dari Covid-19.

Sosialisasi diakhiri dengan selamatan dan do’a bersama sebagai tolak bala’ agar wabah Covid-19 segera berakhir dan Kabupaten Tuba dilindungi dari Virus berbahaya yang muncul di akhir tahun 2019 tersebut.

Sementara itu, Sunardi koordinator Forum TKSK Kabupaten Tuban setelah selesainya sosialosasi menyampaikan, pihaknya akan membagikan hand sanitizer dan masker serta pamflet imbauan kepada masyarakat.

Selain di gedung DPRD, Sunardi menerangkan, juga akan menuju beberapa titik bersama personel TKSK diantaradi depan kantor Kecamatan Tuban, Semanding dan Merakurak.

"Setelah ini kami akan membagikan Hand sanitizer, masker dan pamflet informasi ada masyarakat," terang pendamping TKSK Kecamatan Palang itu.Wid