Tanda-tanda Jajanan yang tidak Sehat, Biasanya Seperti ini

SURABAYAPAGI.com – Saat jam istirahat tiba, kita semua pasti pergi ke kantin untuk membeli jajanan. Namun, kita tidak boleh membeli jajanan sembarangan, karena tidak semua jajanan bersih dan menyehatkan. Bicara soal jajanan tak sehat, kami mendapatkan info mengenai tanda jajanan tak sehat, nih.
Jajanan yang tidak sehat biasanya punya tanda-tanda ini.
1. Warna Mencolok
Jajanan dengan warna yang unik dan mencolok memang selalu menarik perhatian kita untuk mencoba rasanya.
Tapi, teman-teman harus hati-hati, karena warna jajanan yang mencolok bisa disebabkan oleh penggunaan zat pewarna yang berlebihan.
Bahkan, beberapa jajanan ada yang menggunakan zat pewarna tekstil. Makanan yang menggunakan pewarna tekstil biasanya akan meninggalkan bekas warna di tangan kita (meskipun sudah dicuci menggunakan air dan sabun).
2. Rasanya Tajam
Jajanan tak sehat biasanya memiliki rasa yang tajam (berlebihan). Rasa jajanan yang tajam biasanya disebabkan oleh penggunaan bumbu (penyedap rasa) atau pemanis yang berlebihan.
Jika kamu mengonsumsi makanan asin, dan rasanya terlalu gurih. Lalu, saat teman-teman mengonsumsi makanan manis, dan rasanya cenderung pahit. Hal itu bisa menjadi tanda jajanan yang kamu konsumsi itu tidak sehat.
3. Baunya Tidak Sedap
Jajanan yang tidak sehat biasanya memiliki bau yang tidak sedap, seperti bau asam, busuk, atau tengik.
Jika jajananmu sudah berbau tak sedap, maka sebaiknya jangan makan jajanan itu, ya!
4. Kemasan
Saat membeli jajanan, perhatikan juga kemasannya. Jajanan yang baik bisa menjadi buruk, jika kemasannya rusak.
Selain itu, jajanan yang baik juga bisa menjadi buruk, jika dikemas menggunakan barang bekas, seperti koran atau kertas bekas.
Seperti kita tahu, koran atau kertas bekas itu mengandung tinta. Nah, tinta tersebut pasti akan menempel pada jajanan kita dan membuatnya jadi tidak sehat.
Selain itu, perhatikan juga tempat jajananmu disimpan. Jangan sampai kamu membeli jajanan di tempat yang terkena debu dan banyak dikerubungi lalat, ya!