Tambah Koleksi, Politeknik Ubaya Raih Penghargaan AKU 2020

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 29 Des 2020 21:01 WIB

Tambah Koleksi, Politeknik Ubaya Raih Penghargaan AKU 2020

i

Politeknik Ubaya menambah prestasi dengan meraih penghargaan Perguruan Tinggi Kategori Vokasi Terbaik Nomor Satu di Jatim. Selasa (29/12/2020).. SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI  

SURABAYAPAGI,Surabaya - Pada penghujung akhir tahun 2020, Universitas Surabaya (Ubaya) tetap aktif dalam mengoleksi jajaran prestasi. Kali ini, Politeknik Ubaya berhasil menambah prestasi dengan kembali meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2020 sebagai Perguruan Tinggi Kategori Vokasi Terbaik Nomor Satu di Jawa Timur. Selasa (29/12/2020).

 Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur pada Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VII. Pemberian penghargaan itu berlangsung di Ijen Suites Resort & Convention Malang.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

 Direktur Politeknik Ubaya, Agung Sriwardhani, S.E, M.A., menyampaikan jika setiap tahun Politeknik Ubaya selalu menduduki peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi kategori Vokasi terbaik di Jawa Timur. Tak hanya itu, Politeknik Ubaya juga telah meraih penghargaan AKU sebanyak enam kali berturut-turut sejak tahun 2015.

 Penghargaan AKU 2020 merupakan simbol prestasi sekaligus bukti atas konsistensi Politeknik Ubaya dalam menjaga kualitas mutu lembaga pendidikannya. “Penghargaan ini tentunya dinilai dari beberapa aspek. Ada empat kriteria penilaian dalam penghargaan AKU, yaitu kelembagaan dan kerja sama, pendidikan dan SDM (sumber daya manusia), pembelajaran dan kemahasiswaan, serta risbang (riset dan pengembangan) dan inovasi,” ungkap Agung Sriwardhani.

 Dengan mempertahankan kualitas mutu lembaga pendidikan di bidang SDM, Politeknik Ubaya dapat mempertahankan penghargaan AKU di tahun 2020. Politeknik Ubaya sebagai pendidikan Vokasi mengedepankan pembelajaran dengan model atau aplikasi terapan dalam mempersiapkan SDM berkualitas. Hal tersebut diimplementasikan dengan mendorong dan membimbing mahasiswa agar bisa terjun langsung atau terlibat aktif dalam Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

“Dengan terjun langsung ke IDUKA, mahasiswa dapat menerapkan keilmuan secara langsung bahkan bisa memberikan solusi atau membantu UKM. Disamping itu, mahasiswa dapat belajar banyak hal sekaligus mengembangkan berbagai ide kreatif serta inovasi-inovasi yang bisa diterapkan di IDUKA,” paparnya. 

Direktur Politeknik Ubaya itu mengungkapkan bahwa penghargaan AKU 2020 yang diraih, menjadi motivasi Politeknik Ubaya untuk terus berbenah sesuai aspek penilaian dalam meningkatkan kualitas mutu lembaga pendidikan. Politeknik Ubaya juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan di tahun mendatang. 

Langkah strategis tersebut diantaranya adalah meningkatkan kembali kerja sama dengan IDUKA. Kerja sama itu sangat dibutuhkan oleh Politeknik Ubaya sebagai perguruan tinggi Vokasi yang mengedepankan pendidikan terapan dalam mengasah keilmuan dan keterampilan mahasiswa agar sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja saat ini. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

“Kami berharap di tahun mendatang akan semakin banyak IDUKA yang bekerjasama dengan Politeknik Ubaya. Semoga dengan kerja sama ini maka mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung dan meningkatkan keterampilan mereka sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Adanya kerja sama dengan IDUKA, harapannya mahasiswa dapat melihat peluang dan muncul inovasi yang dapat diterapkan,” pungkas Agung Sriwardhani. mbi 

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU