Tak Melihat Pengusaha Hitam atau Putih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Sep 2020 21:36 WIB

Tak Melihat Pengusaha Hitam atau Putih

i

Ali Sahab, Pengamat Politik Unair

Analisis Berita

 

Baca Juga: Rahmad Muhajirin Hingga Ahmad Dhani Ramaikan Bursa Pilwali Surabaya 2024

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Isu mengenai adanya pengusaha hitam dalam ruang lingkup PDIP seperti apa yang dikatakan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristyanto. Kira kira maksudnya agar Surabaya tidak dikuasai olah pengusaha hitam.

Saya nilai pernyataan Sekjen DPP PDIP ini masih berputar pada pengusaha yang mendekat ke bakal calon (bacalon) kepala daerah menjelang Pilkada.

Hal ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) bersama bahwa menjelang Pilkada para pengusaha selalu mendekat ke semuanya. Saya kira pernyataan itu terkait persaingan para bacalon. Sehingga menggunakan sentimen itu. Dan ini untuk mendapatkan rekom.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

Dan hingga saat ini belum ada bakal calon kepala daerah yang bebas dari pengusaha ketika mecalonkan diri di ajang kontestasi politik seperti Pilkada.

Belum ada bacalon yang bebas dari pengusaha ketika mencalonkan diri. Kalau memang ada bacalon yang maju atas modal politik dirinya, itu sangat baik walaupun itu belum pernah ada.

Soal adanya pengusaha hitam yang berusaha mendanai bakal calon kepala daerah, termasuk di Pilwali Surabaya, saya tak mau memasuki wilayah itu.

Baca Juga: Unair Terima 1.895 Calon Maba di Jalur SNBP, Rektor Ingatkan Daftar Ulang

Dikotomi itu muncul mungkin lebih karena persaingan. Dan setiap bacalon pasti ada pengusaha dibalik itu. Jadi saya tidak melihat itu pengusaha hitam atau putih. adt

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU