Sungai Li, Penyaji Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Salah satu pemandangan alam paling indah di dunia, yang ditangkap selama berabad-abad oleh seniman Tiongkok, Sungai Li akan membuat kagum para pelancong yang paling duniawi sekalipun.

SURABAYAPAGI.COM, Kontributor Surabaya Pagi di Guilin, Zheng Chen - Objek wisata Li River Cruise menyajikan pemandangan yang sangat indah, dihiasi dengan bukit-bukit yang memukau.

Selain itu, anda juga bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan dari tebing-tebing terjal, gua, dan desa-desa pertanian yang dipagari dengan rumpun bambu.

Pemandangan Li River Cruise yang masih sangat asri bisa sejenak melupakan kehidupan kota yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan beton.

Pemandangan Sungai Li akan membuat kagum para pelancong yang paling duniawi sekalipun.

Sungai di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China ini mengalir sepanjang 83 kilometer dari Guilin ke Yangshuo, tempat pegunungan karst dan pemandangan sungai menyoroti pelayaran Sungai Li yang terkenal.

Sungai Li dan anak-anak sungainya mengalir dari Guilin ke Yangshuo, turun dari 141 m di Guilin menjadi 103 m di Yangshuo.

Aliran rata-rata melewati Guilin adalah 215 meter kubik per detik , dan sedimen alluvium yang terdiri dari kerikil yang diurutkan dengan baik ditutupi oleh pasir berlumpur , membentuk dataran banjir dan teras di sepanjang rutenya.

Namun, itu adalah 2.600 m dari batu kapur Devonian dan Carboniferous dan medan karst di dalam Cekungan Guilin, yang memberikan area tersebut lanskap yang dramatis.

Dua jenis khas karst ditemukan, Fengcong, dan Fenglin, yang telah berevolusi selama 10-20 juta tahun terakhir, dalam Kenozoikum.

Karst Fengcong mendominasi jalannya Sungai Li dan didefinisikan sebagai sekelompok bukit batu kapur dengan dasar batu kapur yang sama, dengan depresi atau lumba – lumba yang dalam di antara puncak, dan kadang-kadang digambarkan sebagai karst puncak gugusan depresi karst.

Ratusan gua hadir di medan ini, dengan 23 memiliki bagian yang lebih panjang dari 1 km di sepanjang ngarai Sungai Li. Yang terpanjang adalah Sistem Gua Guanyan yang memanjang dari Caoping ke Nanxu.

Sedangkan, Fenglin mendominasi wilayah di sekitar Yangshuo dan selatan Guilin dan didefinisikan sebagai bukit kapur terisolasi yang dipisahkan oleh permukaan kapur datar yang umumnya ditutupi oleh sedimen longgar, dan kadang-kadang digambarkan sebagai dataran puncak hutan.

Fenglin yang paling terkenal adalah menara karst di sekitar Yangshuo.

Kota Guilin adalah pintu gerbang ke Sungai Li dan titik awal bagi Pelayaran Sungai Li, tetapi pada akhir pelayaran sepanjang 83 kilometer adalah Yangshuo, permata di daerah yang mempesona ini.

Guilin adalah tempat di mana banyak orang mendasarkan diri, sebagian besar karena infrastruktur, yang mencakup bandara dan kereta api berkecepatan tinggi.

Yangshuo, yang meliputi kota Yangshuo dan desa-desa di sekitarnya, dikenal karena keindahannya yang luar biasa, dengan pegunungan batu kapur, Sungai Li dan Sungai Yulong yang berjajar bambu, dan berbagai tempat wisata lainnya yang menjadikan tempat ini tempat yang sempurna untuk menghabiskan beberapa hari.

Cara terbaik untuk melihat keindahan daerah ini adalah dengan berlayar di Sungai Li, dan sebagian besar orang yang datang ke daerah ini berada di sini hanya untuk tujuan mengambil tur perahu ini.

Pelayaran ini memakan waktu antara empat dan lima jam tergantung pada level air dan kekuatan arus. Kapal wisata, yang merupakan satu-satunya kapal pesiar yang tersedia untuk orang asing, berangkat dari pelabuhan sekitar 30 hingga 40 menit di luar Guilin.

Ingat, jangan pernah mendatangi tempat ini saat musim hujan, karena tetesan air hujan sangat menghalangi mata melihat keindahan alam yang asri ini.

“Ketika saya sampai di guilin, hujan turun tidak berhenti, saya sangat kecewa karena orang bilang saya tidak akan maksimal melihat keindahan sungai Li dan memang benar saya tidak bisa melihat dasar sungai Li dengan air yang jernih dan dengan ikan-ikan didasar sungai.”tegas Nana.

“Tapi keindahan barisan gunung-gunung di depan, di belakang, di kiri dan kanan saya membuat saya ingin menangis karena melihat kebesaran ciptaan Tuhan.

Saya mengelilingi sungai Li selama 4 jam daru guilin dan berakhir di Yangshou.saya mengikuti day tour dari hotel dan memilih paket day tour dengan harga untuk 1 orang adalah 450yuan.selama di Guilin sungai Li adalah tempat wisata yang wajib di kunjungi” imbuhnya.