Sudah Jadi Menteri, Halim Iskandar Kurang Pas Pegang PKB Jatim 3 Kali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 08 Jan 2021 15:02 WIB

Sudah Jadi Menteri, Halim Iskandar Kurang Pas Pegang PKB Jatim 3 Kali

i

Menteri Desa dan PDTT Halim Iskandar

Surabaya - Pencalonan Halim Iskandar sebagai Ketua DPW PKB Jatim untuk ketiga kalinya dinilai kurang sesuai dengan Fatsun Politiknya. Pasalnya sebagai politisi yang sudah menjabat sebagai Menteri Desa dan PDTT, lebih pas berkiprah di kancah Nasional.

 

Baca Juga: PKB Menang, Raih 2 Kursi DPRD Jatim di Dapil II

Pengamat Politik asal Surabaya Surokim Abdussalam berpendapat seharusnya Abdul Halim Iskandar sudah di persiapan untuk menjadi pengurus DPP di PKB. Pasalnya, kakak kandung ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu sudah menjabat sebagai seorang menteri dan punya jaringan luas di level nasional.
"Namun menurut hemat saya karena posisi beliau adalah menteri memang dari segi kepantasan ya lebih baik berada di dpp," tambah Surokim, Jumat (8/1/2021).

Dekan fakultas Fisip Unijoyo Madura tersebut juga menilai PKB Jawa Timur perlu melakukan penyegaran dan tidak tergantung pada sosok Abdul Halim Iskandar saja untuk dijadikan figur pemimpin. Apalagi, PKB di bawah kepemimpinan kepemimpinan Abdul Halim Iskandar terbukti, kurang berhasil dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 desember 2020 lalu. Menurut data hasil pilkada 2020 lalu PKB di Jatim hanya menang di 5 daerah dari 19 daerah yang menggelar pilkada.

"Betapapun demikian hasil Pileg dan Pilkada semestinya bisa menjadi reflektif bagi PKB untuk bisa mengembalikan dominasi dan kehormatannya kembali di jatim yang menjadi basis utama selama ini," kata peneliti SSC ini.

Baca Juga: PKB Unggul Sementara di Jatim, PDIP dan Gerindra Bersaing Ketat

Surokim berpendapat, PKB Jatim perlu figur baru sebagai nahkoda, untuk menyongsong Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Dikhawatirkan, jika hal itu tidak dilakukan, maka perolehan kursi PKB Jatim bisa menurun seperti kegagalan di Pilkada serentak 2020 lalu.

Surokim menduga, menguatnya nama Abdul Halim Iskandar sebagai ketua PKB Jatim sebelum muswil digelar merupakan indikasi untuk melanggengkan kekuasaan di parpol tersebut.

"Sebagai organisasi kader dan proyeksi ke depan idealnya memang butuh regenerasi demi kepentingan parpol sendiri. Namun kadang hal begitu tidak selalu mudah karena faktualnya parpol kadang lebih mementingkan memelihara kekuasaan daripada mendinamiskan orang," tandasnya.

Baca Juga: Survei Elektabilitas Partai Politik di Jatim versi Indikator Politik, Gerindra Salip PDIP dan PKB

"Mencermati dinamika orang parpol memang unik dan kadang khas ya selalu ada tautan yang rumit urusan regenerasi antara kepentingan praktis dan idealis," tandasnya.

Sekadar diketahui, nama Abdul Halim Iskandar kembali menguat sebagai Ketua DPW PKB Jatim di Muswil PKB Jatim 9-11 Januari 2020 besok di Tretes Pasuruan. diprediksi tidak ada kandidat lain yang akan bersaing untuk memperebutkan ketua PKB Jatim dalam muswil tersebut meski banyak kader muda PKB yang potensial. rko

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU