Sterilkan Bahaya Narkoba dari Prajurit TNI, Kodim Lamongan Gelar Tes Urine

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Kodim 0812 Lamongan terus melakukan gerakan anti narkoba, dan gerakan memerangi narkoba, salah satunya dengan menggelar tes urine yang tidak hanya berlaku bagi anggota TNI, tapi juga para pekerja dan PNS di lingkungan Makodim, Senin (13/8/2018).
Kegiatan dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang diadakan di Aula Kadet Soewoko kodim 0812 tersebut, dan diikuti sekitar 150 orang.
Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812 Lamongan dalam kesempatan itu mengajak semua anggota TNI dan keluarga besar Kodim, untuk berperan aktif dalam mencegah peredaran narkoba, karena narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan dan bisa mengancam bagi generasi penerus." Narkoba sudah menjadi penyakit bagi bangsa kita, kita patut prihatin dan sedih dengan kondisi ini, oleh karena itu kita harus memiliki visi yang sama untuk memberantas Narkoba,"ajaknya
Dandim Juga berpesan, agar para prajurit untuk selalu aktif di lingkungan sekeliling kita, banyak faktor barkoba susah untuk diberantas, hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, para pengedar menggunakan berbagai cara untuk memasukkan arkoba ke wilayah Indonesia. "Jika melalui daratan dan udara mudah terdeteksi maka cara yang di gunakan adalah melalui perairan, apalagi wilayah kita di Pantura memiliki perairan yang sangat luas terbentang dari Tuban-Gresik, tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan menjadi jalan masukkan Narkoba,"tegasnya
Karena itu, kalau ada anggota TNI yang melakukan pelanggaran terkait Narkoba akan dipecat."Tidak ada ampun bagi anggota TNI yang terlibat Narkoba sangsinya akan dipecat, kita berharap tidak terjadi pada diri kita, syukuri atas nikmat yang telah diberikan kepada kita, Bila kita mengetahui kegiatan mencurigakan terkait Narkoba, kita boleh menangkap dengan berkoordinasi antar aparat terkait,"pesanya.
Sementara itu, Farah Damayanti, Kabag Kesmas Pemda Lamongan yang hadir dalam kegiatan tes narkoba itu, mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan P4GN yang dilaksanakan oleh Kodim 0812 Lamongan.
**foto**
Kegiatan pencegahan, penyalahgunaan, peredaran Narkoba seperti ini membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, agar kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. Karna pada bulan Agustus 2018 akan membentuk Satgas Kewaspadaan terkait P4GN yang didalamnya akan diisi dari berbagai Instansi Pemerintah, TNI/Polri maupun masyarakat."Harapnya kedepan, upaya pemberantasan Narkoba di Lamongan dapat lebih maksimal dan berhasil serta Lamongan bebas dari Narkoba.
Dr. Erlik dari Dinkes Lamongan menambahkan, kalau narkoba sangat membahayakan bagi kehidupan manusia, dan dapat merusak generasi penerus bangsa. Nakotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sitentis yang akan menyebabkan perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit.
"Jika sudah begitu dapat menimbulkan ketergantungan bagi pecandu. Bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan,"pungkasnya.jir