Sopir Truk Keluhkan Jalan Nasional Surabaya-Madiun yang Berlubang

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Sopir angkutan barang yang melintas di Jalan Nasional Surabaya - Madiun mengeluhkan kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang. Pasalnya kondisi jalan yang berlubang bisa saja membuat kendaraan terjerembab dan mengakibatkan As kendaraan patah.

Aminudin (45) Sopir ekpedisi menuturkan Kondisi jalan berlubang hampir merata terjadi di jalan nasiopnal yang melintasi Kabupaten Jombang, mulai dari Kecamatan Mojoagung hingga kecamatan perak.
“Besaran lubang dan kedalamnya bervariasi, mulai dari 15 centimeter hingga 50 centimeter diameternya, sedangkan kedalamnya hingga 30 centimeter,” Ujarnya saat ditemui di Stasiun Pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kecatamatan Mojoagung, Kamis (7 Maret 2019).
Ia menuturkan, akibat jalan berlubang tersebut dirinya pernah mengalami patah As kendaraan sebanyak dua kali saat hendak mengirimkan barang menuju jawa tengah. Dan terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kendaraan.
”Yang pertama patah as di Kecamatan Mojoagung dan kedua di Jalan Gatot Subroto Jombang, Otomatis pengeluaran juga bertambah guna memperbaiki kendaraan,” Imbuhnya.
Masih menurut Aminudin, kondisi jalan berlubang yang ada di JKalan Nasional Surabaya - Madiun diperparah ketika hujan mengguyur kawasan tersebut, lubang dijalan akan tertutup genangan air.
Hal senada juga diungkapkan Agung Istianto (56), akibat terjerembab jalan berlubang dan mengalami patah As, dirinya harus menanggung kerugian, hal ini dikarenakan pihak pabrik menolak jagung muatanya. ”Karena harus menunggu mekanik dan alat, sehingga telat jam pengiriman pabrik menolak, terpaksa harus rugi dan dikual kepedagang lain,” tandasnya.
Ia berharap persoalan jalan berlubang segera diselesaikan oleh pemerintah sehingga tidak lagi harus mengalami patah as dan menanggung rugi karena pengeluaran bertambah. ”Terutama saat musim hujan, Kondisi jalan berlubang akan semakin parah, mohon kepada pemerintah segera diperbaikai,” pungkasnya. nur