Sopir Angkot Tanah Abang Mogok Lagi

SURABAYAPAGI.com - Sejumlah sopir angkot yang beroperasi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat melakukan aksi mogok, Senin (29/1/2018).
Pantauan Kompas.com, puluhan angkot yang berasal dari trayek 03, M08, M09, M10, memarkirkan angkot mereka di depan pintu masuk Stasiun Tanah Abang yang berada di bawah kolong flyover Jatibaru Bengkel.
Sopir angkot M10, Eri, mengatakan, aksi mogok tersebut telah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB. Aksi tersebut merupakan aksi lanjutan yang pernah dilakukan para sopir angkot Tanah Abang di depan Balai Kota, Jakart Pusat pekan lalu.
Para sopir menuntut agar Pemrov DKI Jakarta membuka kembali Jalan Jatibaru Raya yang ditutup untuk mengakomodir pada pedagang kali lima (PKL).
"Sudah dari pagi jam 07.00. Kami tidak akan beroperasi sebelum Jalan Jatibaru dibuka. Kalau perlu sampai besok kami mogok," ujar Eri kepada Kompas.com.
Eri mengatakan, aksi tersebut dilakukan karena mereka menilai tidak ada solusi yang tepat yang diberikan oleh Pemprov DKI untuk tuntutan mereka.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, kata Eri, pagi ini telah menemui mereka. Namun, Andri tidak memberikan solusi dan hanya mengatakan bahwa tuntutan mereka akan kembali dibicarakan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
"Kata dia bukan kewenangnya. Dia bilang kalau sekarang Anies izinkan untuk jalan dibuka, dia juga pasti langsung buka jalannya," ujar Eri.
Hingga pukul 12.45 WIB, para sopir angkot masih melakukan mogok. Akibat hal tersebut bus transjakarta explorer berhenti beroperasi sementara. (kp/cr)