Soal Capres, AHY: Saya Tak Ambisius

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengaku bukan orang yang mementingkan posisi dan jabatan. Menurut AHY, kunjungannya ke daerah-daerah selama ini adalah untuk mengenal Indonesia secara lebih utuh.
"Saya hanya ingin berperan sebaik-baiknya, memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi masyarakat, bangsa dan negara. Insya Allah saya bukanlah orang yang sangat ambisius. Tidak sama sekali," kata AHY melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 20 April 2018.
Pernyataan tersebut menjawab pertanyaan masyarakat Banten tentang kemungkinan AHY maju di Pilpres 2019. Pertanyaan itu mencuat dalam obrolan santai (obras) warga bersama AHY dan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di DPC Demokrat Serang.
"Saya keliling sana-sini, mengunjungi berbagai daerah di Tanah Air, tentunya untuk lebih dekat dengan masyarakat. Ingin berdialog dan Ingin memahami Indonesia secara lebih utuh, dengan berbagai keunikan, keberagaman, dan kompleksitasnya," kata AHY.
Ia mengatakan, dalam kurun waktu enam bulan terakhir ia telah mengunjungi 20 provinsi di Nusantara. Bahkan dalam tiga minggu terakhir, putra sulung Presiden RI ke-6 ini telah melakukan lawatan di lebih dari 60 kabupaten/kota di Pulau Jawa.
"Ini adalah ikhtiar dan komitmen yang Insya Allah akan saya pegang teguh, bahwa untuk berkontribusi lebih luas bagi bangsa, tidak ada tempat lain kecuali berada di tengah-tengah rakyat," kata AHY.

Menurut AHY, dari semua kunjungan itulah ia dapat mendengar langsung dan mengetahui persoalan yang tengah didera rakyat Indonesia. Dengan begitu, ia bisa merumuskan solusi yang terbaik untuk mengatasi semua masalah itu.
"Tentunya, berdialog dengan rakyat merupakan nilai yang tidak dapat diukur, karena di situ ada jalinan hubungan emosional yang terbangun. Mudah-mudahan itu menjadi semangat dalam perjuangan saya dan teman-teman di Partai Demokrat untuk bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia," kata AHY.