•   Kamis, 5 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Smart SIM Bisa Diurus di Seluruh Pelosok Indonesia

( words)
Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol. Budi Indra Dermawan


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Berkembangnya teknologi, mendorong Korlantas Mabes Polri, membuat sebuah terobosan dinamai smart sim. Dimana itu di launching pada tanggal 22 September 2019 di Mabes Polri.

Menurut Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Budi Indra Dermawan disinggung soal smart sim, untuk smart sim ini, memiliki multifungsi. Dimana smart sim ini tak hanya urusannya dengan surat ijin mengemudi, melainkan kartu ini bisa dipergunakan sebagai alat untuk belanja.

"Nantinya smart sim ini, ada poin dan saldo," terangnya saat mengikuti acara Sertijab Wakapolda Jatim digedung Mahameru.

Untuk poin, lanjut mantan Dirlantas Polda NTB ini, smart sim didalamnya diberi 12 point. Artinya, bagi pemilik smart sim ini, jika dirinya melanggar lalu lintas, akan secara langsung point yang ada di smart sim berkurang.

"Jika, point ini habis sedangkan masa berlakunya masih panjang smart sim langsung dicabut, terpaksa pemilik harus ngurus baru lagi," terangnya.

Sedangkan, untuk saldo, maksimal terisi berapa ini masih dilakukan pengkajian lebih dalam. "Masih dikaji di mabes," paparnya. Biar nggak banyak kartu di dompet.

Selanjutnya, untuk mengurus smart sim, bisa dilakukan dimana saja di seluruh Indonesia. Jika kita berada di surabaya sedangkan kartu tanda penduduk Jakarta, bisa mengurus di surabaya tetap alamat Jakarta. "Bisa diurus di seluruh Indonesia," pungkasnya.nt

Berita Populer