•   Minggu, 8 Desember 2019
Properti

Singapura Ungguli Pasar Properti Hong Kong

( words)
Sebuah maket dibidang property. SP/cn


SURABAYAPAGI.COM -Terjepit aksi protes besar-besaran, Hong Kong harus ikhlas jika sektor propertinya diungguli oleh Singapura. Mengingat saat ini Singapura memimpin peringkat 1 untuk prospek investasi real estat dalam hal kenaikan harga pada tahun 2020.

Singapura diuntungkan oleh meningkatnya jumlah investor yang menghindari pasar China dan Hong Kong, yang dianggap sebagai titik api geopolitik.

Menurut laporan Urban Land Institute dan PricewaterhouseCoopers LLP, Singapura kini menempati peringkat pertama untuk prospek investasi properti dari segi kenaikan harga pada 2020.

"Kerusuhan di Hong Kong menjadi pertanda baik bagi Singapura, setidaknya dalam jangka pendek," menurut CEO Urban Land Institute Ed Walter, dikutip melalui Bloomberg, Selasa (12/11/2019).

Sekadar gambaran, Singapura menempati posisi 21 dalam daftar 22 kota dengan prospek investasi real estat pada 2017. Saat itu, problem menurunnya sewa dan lonjakan jumlah ruangan kosong menyebabkan Singapura kalah dibandingkan dengan kota-kota besar lain seperti Tokyo, Bangalore, dan Sydney. Sementara itu, Hong Kong berada di peringkat 18.

Namun selama beberapa kuartal terakhir, harga apartemen di Singapura telah pulih. Kondisi ini menandakan ketahanan di pasar perumahan, sementara sektor perkantoran sebagian besar menyerap kelebihan pasokan.

“Pergolakan di Hong Kong menjadi pertanda baik bagi Singapura, setidaknya dalam jangka pendek,” ujar CEO Urban Land Institute Ed Walter.

“Banyak teori dalam berinvestasi kurang berbicara tentang apa yang telah terjadi ketimbang apa yang sedang atau yang akan terjadi,” paparnya.

Singapura juga merupakan salah satu dari sedikit pasar regional dengan lonjakan transaksi properti pada semester pertama 2019, di mana sebagian besar aktivitas didorong oleh modal lintas batas.

Laporan ini menemukan bahwa total transaksi mencapai US$4,9 miliar pada periode tersebut, naik 73% secara tahunan.

Berita Populer