•   Jumat, 28 Februari 2020
Pendidikan

Siapkan Generasi Palajar Inovatif Lewat Ajang KNSP 2019

( words)
Sejumlah siswa mengikuti KNSP di gedung Robotika Kampus ITS, Surabaya (24/11).


Surabaya - Sebanyak 320 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se Indonesia mengikuti ajang Kompetisi Nasional Smart Primagama (KNSP) di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, (24/11)

Direktur Primagama Antonius Raharjo menjelaskan kemempuan para siswa dalam bidang teknologi akan diuji dalam ajang KNSP ini. Sistem yang digunakan dalam kompetisi ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kompetisi kali ini dilakukan secara online. Jika sebelumnya masih menggunakan paper (kertas), sekarang sudah menggunakan aplikasi online. Kita ingin membangun jiwa kompetisi siswa supaya selalu berprestasi," ujarnya.

Antonius menjelaskan untuk tema robotik yang diambil dalam kompetisi ini dipersiapkan guna mempersiapkan para siswa untuk menghadapi era industri 4.0.

"Kali ini kita memang ambil temanya Robotik, karena memang sekarang kan industri 4.0, ke digitalisasi, otomatisasi, semua kita lakukan. Makanya kita pilih ITS," ujarnya.

Antonius berharap dengan digelar kompetisi ini dapat menciptakan dunia pendidikan menjadi lebih maju di Indonesia Apalagi, saat ini dunia pendidikan dipimpin olah sosok visioner yakni Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Saat ini Indonesia mengharapkan adanya terobosan-terobosan di dunia pendidikan. sehingga kita sebagai bimbingan non formal bisa mengikuti laju cepat pemerintah ini," tuturnya.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) Kurnia Saptaningsih berharap dengan diadakannya kompetisi ini dapat membuat pelajar di Indonesia dapat semakin termotivasi dalam belajar.

"Kami ingin anak-anak semakin termotivasi untuk berkompetisi sehingga menghasilkan anak-anak yang smart dan meraih cita-cita secara baik," ucapnya. Byob

Berita Populer