Seorang Pria Terkonfirm Corona di AS Hadiri Kebaktian, Tularkan 90 Orang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Agu 2020 09:31 WIB

Seorang Pria Terkonfirm Corona di AS Hadiri Kebaktian, Tularkan 90 Orang

i

Gubernur Ohio, Mike De Wine.SP/SP

SURABAYAPAGI.COM, AS – Seorang pria berusia 56 tahun.menjadi penyebab tertularnya sekitar 91 orang jemaat gereja di Ohio, Amerika Serikat terinfeksi virus corona. Sekitar 53 orang diantaranya diketahui mengikuti kebaktian yang sama dengan pria tersebut. Pria yang dinyatakan positif Covid-19 itu sempat menghadiri kebaktian pada pertengahan Juni lalu.

Gubernur Ohio, Mike De Wine mengatakan jika penyebaran virus corona sangat cepat seperti halnya api liar."(Virus) menyebar seperti api, api liar. Sangat, sangat menakutkan. Kami tahu bahwa para pemimpin keagamaan kami tidak menginginkan apapun selain melindungi orang-orang yang datang untuk beribadah," kata Wine pada Selasa (4/8).

Baca Juga: Pemerintah Amerika Serikat Seret Google ke Meja Hijau Karena Diduga Monopoli Pasar

Dalam kasus penyebaran di gereja yang lokasinya dirahasiakan itu, seorang pria berusia 56 tahun pergi ke kebaktian pada Juni lalu. Sekitar 53 orang yang menghadiri kebaktian yang sama di gereja tersebut mengeluhkan sakit, dan 18 orang di antaranya menularkan ke setidaknya satu orang lainnya.

Salah satu contoh penyebaran terjadi pada satu keluarga, seorang pria berusia 34 tahun jatuh sakit, lalu istrinya berusia 31 tahun juga terinfeksi, begitupun juga empat anak mereka yang usianya berkisar dari satu hingga sebelas tahun.

Dilansir dari CNN, Kamis (6/8), Wine mengharuskan warga yang menghadiri layanan keagamaan untuk mengenakan masker. Dia juga sudah mengamanatkan penggunaan masker kepada orang berusia 10 tahun ke atas pada 22 Juli.

Baca Juga: Dua Diplomat AS Diusir Pemerintah Rusia, Diduga Terlibat Aktivitas Ilegal

Selain itu, mulai Rabu (5/8) ia mengharuskan anak-anak yang belajar di sekolah untuk mengenakan masker.Wine juga akan mengirim surat ke gereja, masjid, dan sinagoga untuk berbagi informasi kesehatan

"Sangat penting ketika setiap kali orang berkumpul, mereka memakai masker, berlatih untuk menjaga jarak, mencuci tangan, dan saat berada di dalam ruangan, (mereka) memastikan ada ventilasi dan aliran udara yang baik," ujarnya.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

Saat ini, lebih dari 96 ribu orang di Ohio dinyatakan positif mengidap virus corona. Hingga saat ini, total kasus virus corona di AS mencapai 4.973.741 kasus, 161.607 meninggal, dan 2.540.880 dinyatakan sembuh. AS juga masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.An

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU