•   Kamis, 23 Januari 2020
Kriminal

Seorang Pemulung, Nekat Curi Besi Penutup Pohon Milik Pemkot

( words)
Seorang pemulung yang nekat mencuri besi milik pemkot Surabaya. (SP/FIR)


SURABAYAPAGI.com, Wonokromo - Lantaran terlilit kebutuhan ekonomi, seorang pemulung ini nekat mencuri besi milik pemkot Surabaya yang digunakan sebagai penutup lubang akar pohon di sepanjang trotoar jalan Diponegoro Surabaya.
Pemulung beranama Bertolo Meus Sintus (45) ini ditangkap sesaat setelah melakukan aksinya itu. Berbekal becak, Bertolo menyusuri sepanjang jalan Diponegoro itu. Ketika merasa aman, Bertolo langsung melancarkan aksinya. Berbekal linggis, ia kemudian mencongkel besi penutup pohon tersebut dan memasukkannya ke dalam becak.

Kapolsek Wonokromo,Kompol I Gede Suartika menuturkan, jika penangkapan Bertolo didasari atas kecurigaan polisi terhadap dirinya.

"Gerak-gerik pelaku ini mencurigakan. Kemudian saat kami hentikan dan geledah,didalam becaknya ada beberpaa buah besi milik dinas PU. Saat ditanya, pelaku akhirnya mengakui habis mencuri," terang Gede, Jumat (2/2) siang.

Dari pengakuannya, pria yang tak memiliki tempat tinggal tetap itu mengaku bingung saat hendak menjual barang hasil curiannya itu. Ia terpaksa karena butuh uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Ya mau gimana lagi, saya butuh uang sekali mas. Terpaksa mencuri yang ada," aku pelaku.

Aksi ini baru pertama kali dilakukan oleh Bertolo. Akibat perbuatannya ia dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian.fir

Berita Populer