Sehari, 39 Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto Sembuh

Kepulangan Joko Santoso, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, disambut hangat dan meriah warga di Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Selasa (7/7). SP/ JP

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto – Langkah percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto menunjukkan hasil menggembirakan.

Kendati masih ada penambahan warga yang terpapar, tetapi angka kesembuhan terus meningkat. Bahkan, dalam sehari kemarin, tercatat 39 pasien positif dinyatakan sembuh.

Dari update data Covid-19 Kabupaten Mojokerto kemarin, terdapat penambahan empat pasien positif. Dari sebelumnya 249 pasien, menjadi 253 pasien.

Dari jumlah tersebut, yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 103 pasien. Penambahan angka kesembuhan didominasi pasien yang telah dirawat sejak sebulan lalu.

Sebagian besar mereka yang telah menjalani perawatan di RSUD Prof dr Soekandar Mojosari sebagai satu-satunya Rumah sakit rujukan di Kabupaten Mojokerto.

Ditambah dengan lima pasien yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan yang menjalani perawatan di rumah sakit lain.

’’Ada 34 pasien yang sudah keluar rumah sakit (KRS) sejak Selasa (7/7) sore sampai malam,’’ tutur Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 RSUD Prof dr Soekandar, dr Gigih Setijawan.

Dari 34 pasien sembuh itu, Joko Santoso menjadi pasien yang terlama menjalani perawatan hingga akhirnya dinyatakan sembuh. Yakni, selama 75 hari. Ia merupakan pasien nomor 03 asal Desa Bendung, Kecamatan Jetis.

Sama seperti pasien sembuh sebelumnya, asupan multivitamin dan disiplin menjaga protokol kesehatan menjadi kunci utama kesembuhan. ’’Dari 34 pasien itu, yang tercepat sembuh justru tidak kurang dari sebulan,’’ tegasnya.

Saat ini, ruang isolasi RSUD Prof dr Soekandar masih merawat 65 pasien yang berhubungan dengan Covid-19. Dengan 33 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski masih ada kemungkinan jumlah pasien terkonfirmasi bertambah, tetapi Gigih optimistis angka pasien sembuh juga bertambah. Dari 33 pasien yang masih terkonfirmasi, separo di antaranya sudah menjalani uji swab dengan hasil negatif pertama.

Saat ini, tim medis masih menunggu hasil uji swab berikutnya dengan harapan semuanya keluar dengan hasil negatif kedua. Sehingga, bisa dinyatakan sembuh dan keluar rumah sakit.

’’Mungkin empat sampai lima hari lagi hasil uji swab ketiga akan keluar. Doakan saja semuanya hasilnya negatif,’’ pungkasnya.   dsy1