Sebaran Covid-19 di Gresik Jangkau Pulau Bawean

Ilustrasi virus

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Penyebaran virus corona di Kabupaten Gresik akhirnya menyeberang juga ke Pulau Bawean. Ini setelah seorang warga dari Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura diketahui tertular oleh virus berbahaya ini.

Dari hasil tracing oleh petugas Satgas Covid-19 Gresik diketahui bahwa pasien konfirmasi positif asal pulau yang berjarak 80 mil dari Gresik itu terinfeksi melalui orang tanpa gejala (OTG).

Dalam pers rilis yang disampaikan kepada awak media pada Selasa petang (2/6), Juru Bicara Satgas Covid-19 Gresik drg Saifudin Ghozali melalui Kabaghumas dan Protokol Setkab Reza Pahlevi, melaporkan adanya tambahan 5 pasien baru konfirmasi positif.

Seorang berasal dari Pulau Bawean dan 4 lainnya dari wilayah daratan.

Dari 5 pasien baru, seorang di antaranya telah meninggal dunia kemarin (1/6) dalam status PDP (pasien dalam pengawasan). "Hasil swab test-nya baru keluar hari ini dan dinyatakan positif. Sehingga kita masukkan sebagai konfirmasi positif meninggal," ungkap Reza.

Pasien meninggal itu berasal dari Desa Gedungwatu, Kecamatan Menganti. Selain itu, seorang warga dari desa ini juga tercatat menjadi pasien konfirmasi positif sesuai data yang disampaikan satgas Covid-19 pada hari ini.

Sementara 2 pasien positif lainnya berasal dari Desa Manyar Sidorukun (Kecamatan Manyar), dan dari Kelurahan Sidokumpul (Kecamatan Gresik).

Ditambahkan, jika pasien asal Bawean terjangkit melalui OTG, maka 4 lainnya berasal dari klaster PDP.

Dengan penambahan 5 pasien baru ini, maka total warga Gresik yang sudah terjangkit virus asal Negeri Tirai Bambu mencapai 183 orang.

Dari jumlah tersebut, 14 orang sudah dinyatakan sembuh dan sebanyak 20 orang telah meninggal dunia. Sisanya, 149 orang kini dirawat di beberapa rumah sakit di Gresik, Surabaya dan Sidoarjo.

Dari update kasus Covid-19 hari ini juga terjadi penambahan wilayah zona merah persebaran virus corona di Kabupaten Gresik. Yakni, dari 14 kecamatan menjadi 15.

Sisa 3 kecamatan yang masih bertahan dengan zona hijau adalah Kecamatan Panceng, Dukun dan Tambak (Bawean). did