SD Santo Yosef Berbela Rasa

SURABAYAPAGI.COM, SurabayaCompassion (bela rasa) merupakan salah satu nilai ketarakanitaan yang menjadi payung nilai-nilai ketarakanitaan lainnya. SD Santo Yosef yang terletak di jalan Joyoboyo 19 merupakan salah satu sekolah yang dikelola oleh Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Surabaya.

Rangkaian acara dalam menyambut Natal tahun 2019 ini SD Santo Yosef mengadakan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan Bakti Sosial. Berbela rasa di Natal tahun ini peserta didik SD Santo Yosef berbagi dengan teman-temannya yang berada di Panti Asuhan Kamang Immanuel yang berlokasi di Jalan Kedinding Lor Gang Rambutan Kav 23 – 24, Surabaya.

Tujuan kegiatan kunjungan ke Panti Asuhan ini adalah melatih dan membiasakan peserta didik untuk berbelarasa, berbagi, empati, serta peduli terhadap sesame yang memerlukan. Diharapkan ke depan peserta didik SD Santo Yosef benar-benar menjadi manusia yang berkarakter dan senantiasa memperhatikan orang lain di sekitar mereka.

Panti Asuhan Kamang Immanuel berdiri sejak tahun 1996, yang pada mulanya belum menjadi panti asuhan. Tetapi menjadi tempat tinggal anak jalanan yang dibuat oleh Pdt. Sugiono yang merupakan seorang misionaris. Kemudian berubah menjadi panti asuhan yang dihuni oleh anak-anak dengan berbagai ragam suku.

Hanani selaku pengurus panti asuhan menceritakan bahwa, dulu pihaknya fokus terhadap anak jalanan agar bisa mendapat tempat tinggal.

“Namun sepertinya Tuhan tidak berkendak akhirnya tempat ini Tuhan lawat menjadi Panti Asuhan. Pimpinan kami yang merupakan seorang misionaris kemudian membawa anak-anak ini untuk tinggal disini, ada yang dari Nias, Dayak, Aceh, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

**foto**

Saat ini panti asuhan ini memilki 40 anak yang terbagi menjadi laki-laki dan perempuan serta 6 orang staf pengurus panti. Melalui kunjungan dari SD Santo Yosef rombongan mencoba memberi suasana baru kepada anak-anak panti asuhan dan berharap agar berkat yang dibagikan dapat berguna untuk kebutuhan anak-anak panti asuhan sehari-hari. Acara bakti sosial ini menambah kebahagiaan bagi anak-anak Panti Asuhan Kamang Immanuel.

Besar harapan Panti Asuhan Kamang Immanuel untuk terus diterima dan menjadi berkat bagi masyarakat luas dan mendapt tempat yang lebih baik. Hanani menjelaskan bahwa sebentar lagi mereka harus segera berpindah tempat karena panti asuhan yang mereka huni termasuk wilayah yang akan digusur menjadi jalan raya.byta