Satu Pejabat Pemkab Banyuwangi Terkonfirmasi Positif

Ilustrasi. Pasien positif virus Covid-19 sedang dalam perawatan.SP/suara

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi – Jumlahpasien terkonfirmasi positif di Banyuwangi terus bertambah. Salah satunya dari pejabat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Dia dinyatakan sebagai pasien ke 73. Pasien konfirmasi 73 merupakan warga Kecamatan Giri, yang memiliki riwayat kontak erat dengan kerabat dan tamu yang datang dari Surabaya dan Magelang, Jawa Tengah.

“Yang bersangkutan pada 27 Juli lalu juga menerima tamu dari Surabaya. Juga ada kerabat. Pada 1 Agustus mengeluhkan gejala, lalu periksa RSUD Blambangan dan dilakukan pemeriksaan dan rapid test. Hasilnya reaktif, lalu dilanjutkan ambil swab, dan hasilnya positif terinfeksi virus corona,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Rabu (5/8/2020).

Selain itu, ada tambahan dua pasien lain. Masing-masing pasien 71 merupakan seorang pria (31) asal Kecamatan Glenmore. “Saat ini kondisi pasien sudah baik, dan menjalani perawatan isolasi di rumah sakit,” ujar Rio.

Selanjutnya pasien konfirmasi 72 juga laki-laki (33) warga Kecamatan Giri, memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Dia bersangkutan bekerja di kabupaten Probolinggo, dan sempat melakukan perjalanan bolak balik Probolinggo-Banyuwangi.

“Sekali lagi, tidak pernah bosan kami mengingatkan pada semua warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun, wajib diterapkan di semua aktifitas selama era pandemi ini,” imbuh Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Kini total pasien konfirmasi covid 19 di Banyuwangi berjumlah 73 orang, dengan 50 orang pasien sembuh (68,49 persen), 20 dalam perawatan, dan tiga meninggal. Cit4