•   Minggu, 5 April 2020
Peristiwa Nasional

Satu Orang Mahasiswa & Dua Orang Lainnya Dinyatakan Selamat Dari Gempa Turki

( words)
Gempa Yang Mengguncang Provinsi Elazig, Sekitar 550 Km Timur Ibu Kota Ankara.


SURABAYAPAGI.COM-Gempa berkekuatan magnitudo 6.8 mengguncang provinsi Elazig, sekitar 550 km timur ibu kota Ankara, dan diikuti oleh lebih dari 270 gempa susulan, 12 di antaranya berkekuatan lebih dari magnitudo 4.

Sebuah gempa dahsyat melanda Turki timur pada pukul 20.55 Jumat malam waktu setempat, menewaskan sedikitnya 21 orang dan meruntuhkan bangunan di kota-kota dekat pusat gempa, menurut laporan Reuters, 25 Januari 2020.

KBRI Ankara menyatakan WNI itu adalah satu orang mahasiswa dan dua orang yang menikah dengan warga setempat, yang tinggal di Elazig, Turki, selamat setelah gempa Turki melanda wilayah ini pada 24 Januari 2020.

"KBRI telah berhasil melakukan kontak dengan salah satu dari mereka dan memperoleh informasi bahwa ketiganya dalam kondisi selamat," tutur Duta Besar RI untuk Ankara Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan resminya.

Ia memastikan KBRI Ankara akan terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas terkait. Diperkirakan saat ini terdapat 3.300 WNI di Turki yang sebagian besar adalah pelajar dan spa therapist yang bekerja di industri pariwisata KBRI.

Sebanyak 18 orang meninggal dunia dan lebih dari 600 lainnya mengalami luka-luka di Turki bagian timur, setelah gempa bumi mengguncang wilayah tersebut pada Jumat malam waktu setempat.

Berita Populer