•   Selasa, 7 April 2020
Hukum & Pengadilan

Satgas Pangan Turun Tangan Cari Broker Ayam Potong

( words)
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Frans Barung Mangera


SURABAYAPAGI.com, Surabaya -Rusaknya harga ayam potong menjadi perhatian kepolisian. Makanya, satgas Pangan Polda Jatim turun tangan terkait dugaan permainan harga daging ayam yang menyebabkan harga anjlok di peternak. Tak hanya itu Polda Jatim juga berjanji akan mengungkap dan menindak jika terbukti ada seseorang (pengusaha) yang sengaja mempermainkan harga tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan mengenai (harga) ayam, tingkat pasar tetap sama. Dikisaran harga Rp 36 sampai Rp 37 ribu per kilogram.Namun tingkat peternak ditawar dengan harga Rp 8 ribu sampai Rp 9 ribu di wilayah Jawa Timur. Sesuai pernyataan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman belum lama ini, pemerintah akan melakukan tindakan terhadap broker.
"Satgas Pangan akan bertindak mencari distribusi, siapa yang bermain, harga ini anjlok di tingkat peternak," ujarnya, Jumat (28/6).
Ditambahkan Barung, tim akan turun langsung untuk mencari sebab disparitas harga yang cukup miring di tingkat produsen (peternak). Harga tersebut dinilai cukup merugikan pihak peternak sebagai produsen. Beberapa peternak di beberapa daerah di Jatim juga sangat resah.
"Dalam waktu dekat akan melakukan penelusuran, penelitian, dan penyelidikan mengapa harga ditingkat produsen disparitas terlalu jauh. Pasti ada yang bermain. Tentunya permainan ini akan diungkap dalam waktu dekat," tegasnya.nt

Berita Populer