Sambut Hardiknas, Pemprov Jatim Luncurkan Games Solve Covid

Surabaya Pagi, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun ini dengan meluncurkan games. Games yang bernama Solve Covid ini ditujukan untuk para siswa yang sedang belajar di rumah.

"Mereka diajak mengenal Covid-19 lebih dalam dan membangun solidaritas sosialnya melalui games. Mereka bisa memainkan games sekaligus sedekah karena rewardsnya bisa disumbangkan berupa APD ataupun lainnya," ujar Khofifah pada konferensi pers di Gedung Grahadi hari Jumat (1/5/2020).

Games ini adalah bentuk kerjasama Pemprov dengan Nusantara Innovation Forum dan Solve Education. Ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan namun juga memberikan edukasi bagi para siswa yang belajar di rumah.

Games ini berisikan berbagai macam pertanyaan seputar penanggulangan covid-19 dan berita hoax yang bisa dijawab oleh para siswa. Games ini memberikan rewards berupa poin yang dapat ditukarkan para siswa untuk menyumbang APD, sembako, dan yang lainnya.

Dalam kesempatan ini dr Makhyan Jibril Al Farabi salah satu anggota gugus tugas Covid-19 Jawa Timur juga mensimulasikan beberapa bentuk mini games ini. Menurutnya game ini sangat mudah dan edukatif untuk para siswa. Dirinya juga mengatakan, masih banyak siswa yang belum tahu lebih dalam mengenai Covid-19.

"Masih ada 40% dari seluruh siswa yang masih belum tau lebih dalam kenapa mereka harus belajar di rumah, harus cuci tangan dan harus menggunakan masker. Melalui game ini diharapkan mereka mampu teredukasi dan mengedukasi orang disekitarnya," kata Jibril.

Khofifah juga menambahkan, dirinya berharap semoga melalui game ini dapat dijadikan sinergitas positif bagi semuanya, tidak hanya siswa saja. Hal ini dikarenakan bersedekah melalui games dapat mendukung pelayanan Covid-19 di Jawa Timur. (adit)