•   Minggu, 5 April 2020
Peristiwa Nasional

Saat Kuras Sumur, Dua Pekerja Yogyakarta Tewas

( words)
Evakuasi terhadap dua orang yang kecelakaan di dalam sumur di Dusun Plalar, Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul, Minggu (10/11/2019).


SURABAYAPAGI.COM, Yogyakarta – Dua pekerja meninggal dunia saat akan memperbaiki sumur milik Basuki Yono, warga Dusun Plalar, Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul, Minggu (10/11) siang. Para korban diduga menghirup gas di dalam sumur.

Adapun, kedua pekerja itu adalah Suhar dan Karsiyo. Dalam kejadian tersebut, seorang pekerja lainnya yakni Satiyar berhasil diselamatkan.

Kepala Dusun Plalar, Febri Setiyawan menyampaikan, saat terjadi kecelakaan, Satiyar berhasil diselamatkan dan dibawa ke puskesmas. Peristiwa nahas ini menjadi pelajaran bersama, sehingga kejadian yang sama tidak terulang.

“Harus berhati-hati, sehingga tidak jatuh korban lagi. Untuk dua korban, sudah diangkat dan kondisinya meninggal dunia,” kata Febri.

Pemilik sumur, Basuki Yono menjelaskan, ketiga pekerja melakukan pekerjaan menguras sumur. Proses pekerjaan lancar dan mereka pun memperbaiki pompa. Ketiga pekerja ini sempat beristirahat sekitar pukul 11.00 WIB. "Hanya, karena melihat air sumurnya kotor, kemudian berinisiatif untuk mengurasnya," kata Basuki.

Ketiganya baru melanjutkan pekerjaan sekitar pukul 12.00 WIB. Meski dalam kondisi kemarau, air di dalam sumur masih mencukupi. Pengurasan dilakukan agar air sumur lebih jernih. Saat proses penyedotan, selang mesin tidak sampai ke sumur. Untuk bisa sampai ke dasar, Suhar turun ke dalam sumur. Namun, belum sampai ke dasar, korban terjatuh. "Karsiyo berupaya untuk menolongnya. Namun saat sampai di dalam sumur, kondisi Karsiyo ikut lemas," kata Basuki.

Satiyar kemudian datang untuk menolong. Begitu sampai di bawah, Satiyar juga ikut lemas. Dia kemudian ditolong oleh warga dan langsung dibawa ke Puskesmas Ponjong. Sedangkan, Suhar dan Karsiyo menunggu petugas dari SAR untuk ditolong.

Sekitar satu jam, proses evakuasi keduanya pun berhasil dilakukan oleh tim SAR gabungan. Jenazah keduanya telah dilakukan pengecekan oleh tim medis, dan telah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

Berita Populer