Rumah Pejabat Dinkes Tulungagung Dibakar Orang Tak Dikenal

Petugas melakukan olah TKP di tempat kejadian.

1,5 Bulan sebelumnya Pernah Dapat Ancaman Namun tak Digubris

 

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung – Sebuah rumah yang diketahui rumah dinas Kepala Seksi Perbekalan dan Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Masduki dibakar orang tak dikenal, Kamis (3/12).

Peristiwa tersebut berlangsung saat seluruh penghuni rumah tengah tertidur pulas pada pukul 02.30 WIB.

Masduki mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu ia dan istrinya yang masih terlelap tidur tiba-tiba dikejutkan suara ledakan dari depan rumah, ia pun langsung bergegas bangun dan melihat bagian depan rumah sudah muncul api besar.

"Sudah tidak bisa lewat depan, karena api sudah besar. Saya dan istri kemudian naik ke atas dan menyelamatkan diri lewat rumah tetangga ditolong pakai tangga," kata Masduki, Kamis (3/12/2020).

Akibat kebakaran tersebut sebagian rumahnya terbakar, selain itu tiga unit kendaraan terdiri dari satu unit Honda Jazz, Mitsubishi Xpander dan sepeda motor dinas Honda Revo ludes terbakar.

Untuk memadamkan api, sejumlah mobil pemadaman milik Pemkab Tulungagung didatangkan ke lokasi kejadian. Salah seorang saksi mengatakan, saat peristiwa terjadi ia sempat memberikan upaya pertolongan terhadap pemilik rumah, ia pun juga juga berusaha memadamkan api dengan menggunakan air selang.

Ia yakin kebakaran itu bukan kecelakaan, tetapi disengaja oleh orang-orang yang tidak senang atau dendam pada dirinya karena profesi serta tugas yang dia emban selama ini. "Saya juga sadar ini sudah menjadi risiko pekerjaan saya," katanya.

Ia menduga kebakaran sengaja dilakukan seorang. Hal tersebut bukan tanpa dasar. Masduki menyebut ia sempat mendapat ancaman dari orang tak dikenal sekitar 1,5 bulan lalu.  Namun saat itu, ancaman tersebut tidak ia respon.

"Tidak saya respons, takutnya kalau dia tiba-tiba nyerang saya. Kemudian dia bilang, yang intinya meskipun bukan orang baik, kedatangannya ingin memberitahu jika saya terancam dicelakai," kata Masduki kepada, Kamis (3/12/2020).

Setelah itu orang tak dikenal tersebut pergi ke warung kopi di dekat rumahnya. Keberadaan ancaman itu semakin nyata setelah pria itu dilaporkan ketua RT setempat.

"Jadi sempat dibawa ke RT, dan mengaku disuruh seseorang untuk membakar rumah saya. Dia juga sempat divideo kok," jelas Masduki.

Pascaadanya ancaman itu Masduki berusaha mengamankan kediamannya dengan membeli perangkat kamera pengawas (CCTV). Namun belum sempat terpasang, rumah dan kendaraannya sudah terbakar.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Ardyan Yudho Setyantono belum berani memastikan penyebab kebakaran tersebut apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Belum bisa memastikan apakah ada unsur kesengajaan (dibakar orang) atau tidak, kami masih nunggu labfor polda," kata Ardyan, Kamis (3/12/2020).

Akibat kebakaran tersebut, tiga unit kendaraan bermotor yang terdiri dari Mitsubishi tahun 2020 X-pander nopol AG 1569 TM, Honda Jazz tahun 2006 nopol AG 1916 TS dan sebuah motor dinas Honda Revo AG 3929 RP, ludes terbakar hingga menyisakan kerangka mesin saja.

Setelah api berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB, petugas Inafis dari Polres Tulungagung segera melakukan olah TKP, untuk mencari petunjuk penyebab kebakaran.