Ruas Jalan Protokol di Sumenep Disemprot Cairan Disinfektan

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep – Beberapa ruas jalan protokol yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Forkopimda melakukan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran, mobil tangki milik PDAM, dan mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep.

Selain jalan protokol kota, penyemprotan juga menyasar tempat-tempat keramaian dan rumah-rumah warga di Kelurahan Kepanjin, Kecamatan Kota Sumenep.

“Untuk di jalan-jalan kampung kita lakukan penyemprotan dengan menggunakan kendaraan odong-odong. Karena tidak mungkin mobil besar seperti tangki masuk ke gang-gang,” kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Senin (30/3/2020).

Menurut bupati, jalanan protokol menjadi sasaran utama penyemprotan karena mobilitas masyarakat cukup tinggi. “Penyemprotan di jalan umum ini, minimal meminimalisir agar tidak ada Covid-19 masuk ke Sumenep,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga memberikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Sumenep agar tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang sifatnya nongkrong ataupun berkumpul secara berkerumun.

“Kepada masyarakat tetap jaga kebersihan dan kesehatan masing-masing. Tujuannya, untuk memutus penyebaran atau penularan virus corona,” harapnya.haz