Ronaldinho Gaucho Bebas

SURABAYA PAGI, Brazil - Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho kabarnya segera bebas dari penjara dan menjadi tahanan rumah di Paraguay setelah dia dan saudaranya membayar uang jaminan sebesar 1,6 juta dolar AS atau sekitar Rp25 miliar.

Pria berusia 40 tahun tersebut ditangkap oleh kepolisian Paraguay usai masuk ke Paraguay dengan menggunakan paspor palsu bersama dengan saudaranya, Roberto Assis. Mereka berdua memasuki Paraguay pada Rabu (4/3/2020) waktu setempat dalam rangka menghadiri acara amal dan peluncuran buku.

Paspor milik Ronaldinho disita lantaran mendapatkan sanksi dari pemerintah Brasil.Paspor milik mantan bintang Barcelona itu ditahan karena dirinya telah terlibat dalam kasus pelanggaran lingkungan pada 2018

Pengacara Ronaldinho mengklaim penahanan yang dilakukan terhadap kliennya merupakan tindakan "sewenang-wenang, kasar dan ilegal."

Hakim Paraguay akan mengizinkan keduanya untuk pindah ke hotel Palmaroga di Asuncion sambil mereka menunggu proses persidangan. Mereka juga diizinkan menerima kunjungan dari sanak saudara.

Kedua kakak beradik itu masing-masing mendepositkan 800 ribu dolar AS ke rekening bank lokal pada Selasa (waktu setempat).

"Ini adalah jaminan uang tunai yang signifikan untuk menjamin mereka tidak akan melarikan diri," kata hakim Gustavo Amarilla yang dikutip Skysports pada Rabu (8/4).