•   Rabu, 26 Februari 2020
Kediri

Ribuan Peserta Ikuti Kompetisi Coin EMAS 2018

( words)
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberikan sambutan di acara kompetisi Coin EMAS 2018


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Sedikitnya 1.500 peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa mengikuti lomba Coin English Massive (EMAS) di Taman Tirtoyoso Kota Kediri, Minggu (18/11/2018). Kompetisi yang digagas Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan Kota Kediri mengambil tema Harmony of The League.
Program yang sudah ada sejak 4 tahun ini dinilai dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Kediri. Terbukti tiap tahun peserta EMAS mulai kalangan anak-anak hingga dewasa di Kota Kediri kian bertambah.
Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan, program EMAS dapat meningkatkan SDM di Kota Kediri. Kegiatan positif tersebut juga dapat meningkatkan IPM Kota Kediri yang saat ini nilainya diatas rata-rata tingkat Provinsi Jawa Timur.
"Saya harap kegiatan yang sangat positif ini harus terus ada, karena bahasa Inggris menjadi bahasa kedua dunia. Jadi dengan ikut EMAS, masyarakat bisa menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa sehari-hari setelah Bahasa Indonesia," tuturnya.
Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar juga berharap dengan mengikuti program EMAS ini warga Kota Kediri tidak perlu lagi mengikuti kursus Bahasa Inggris. "Kalau ikut EMAS kan sudah tidak perlu les Bahasa Inggris lagi. Karena disini tutornya sudah ahli semua. Bahkan disini tidak ada kriterianya, anak-anak hingga dewasa boleh ikut EMAS," imbuhnya.

Image

Menurut, Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri, dengan berlatih Bahasa Inggris sejak dini dan menggunakannya secara aktif maka dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi era MEA dan globalisasi saat ini.
"Ketika anak bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan baik, ini dapat meningkatkan daya saing mereka dengan orang-orang diluar Kota Kediri sehingga mau kerja apapun bisa," ujarnya.
Keberhasilan EMAS ini juga terlihat dengan penghargaan yang diberikan Keraton Mamgunegaran Surakarta, Solo, Jawa Tengah kepada Dinas Pendidikan Kota Kediri. Dinas Pendidikan Kota Kediri sudah menjadi tamu undangan dalam acara keraton dengan menampilkan pagelaran drama Ande-ande lumut yang dikemas dengan bercerita menggunakan Bahasa Inggris. "Ini sebuah penghargaan untuk kita, karena tamunya saat itu juga dari Luar Negeri. Saat itu kita mengisi acara disana menampilkan cerita Panji dengan Bahasa Inggris," tandasnya.
Diketahui, kompetisi Coin Emas 2018 Harmony of The League ini dibagi menjadi 3 kategori lomba yakni sing and swing contest untuk kelompok adult (dewasa), teeneger drama untuk kelompok teenager (remaja), dan cross country untuk kelompok children. Juri untuk kompetisi ini dari relawan Peace Corp dan master tutor English Massive. Rencananya para pemenang kompetisi ini akan diberikan penghargaan Coin Emas 2018 yang digelar di Insumo Kediri Convention Center (IKCC), Minggu (18/11/2018) malam.
Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto beserta jajaran, penanggung jawab

English Massive Chevy Ning Suyudi, master tutor dan tutor Emas, dewan juri dari relawan Peace Corp, para

Donatur Emas, wali siswa dan peserta English Massive. Can

Berita Populer