Rest Area di Tol di Jatim Sediakan Gerai Penukaran Uang

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia bekerjasama dengan enam bank yang merupakan pelat merah dan swasta, membuka layanan penukaran uang di tiga ruas tol di Jawa Timur.

Di ruas Tol Jombang - Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer, gerai penukaran uang ada di Rest Area KM 678 A, Rest Area KM 678 B, dan Rest Area KM 695 A.

Sementara di ruas Tol Surabaya Mojokerto sepanjang 36,27 kilometer, gerai penukaran uang terdapat di Rest Area KM 725 A, Rest Area KM 726 B, dan Gerbang Tol Warugunung.

Adapun di ruas Tol Surabaya Gempol sepanjang 46,55 kilometer, gerai penukaran uang ada di Rest Area km 754 A, dan Rest Area km 753 B.

“Layanan penukaran uang kali ini ada di tol Surabaya-Gempol km 26, tol Surabaya-Mojokerto di exit tol Waru Gunung dan tol Surabaya-Jombang di rest area arah kembali ke Surabaya,” papar Yudi kepada awak media, Minggu (10/06/2018).

Ia menambahkan, layanan penukaran uang di rest area jalan tol ini merupakan kelanjutan dari layanan penukaran sebelumnya yang telah dilakukan oleh BI bekerjasama dengan perbankan di 12 rest area di 4 ruas jalan tol pada tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2018 lalu.

“Modal yang sudah kami sediakan di setiap area penukaran uang tersebut sebesar Rp 1 miliar, dan kami menghimbau kepada masyarakat agar menukarkan uangnya di outlet resminya yang kami tunjuk,” tegas Yudi.

Bank Indonesia juga menghimbau kepada masyarakat untuk memelihara uang dengan mengutamakan prinsip “5 Jangan : Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Diremas, Jangan Distapler dan Jangan Dibasahi”.

Kemudian saat bertransaksi, masyarakat harus memperhatikan keaslian uang rupiah dengan menggunakan metode 3D (Dilihat – Diraba – Diterawang)