Rencana Kereta Cepat, Jakarta Surabaya Butuh 5.5 Jam saja

SURABAYAPAGI.com– Rencana pengembangan kereta cepat tidak hanya berhenti di Jakarta Bandung saja. Rencana itu juga ingin diimplementasikan ke dijalur Jakarta Surabaya. Dengan kecepatan yang menembus angka 160 km/jam, Jakarta surabya ahanyamembutuhkan 5,5 jam saja

"Kita putuskan untuk membuat jalur khusus untuk kereta cepat dengan kecepatannya maksimal 160 km/jam, ini waktu tempuh Jakarta-Surabaya hanya 5,5 jam," ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri, dilansir dari Detik Finance Jumat (2/8).

Pembangunan proyek transportasi tersebut diperkirakan memakan waktu hingga tiga tahun. Artinya, paling cepat proyek tersebut rampung di 2024.

"Perkiraan konstruksi tahun 2021 mulai. Perkiraan operasi 2-3 tahun setelah konstruksi, setelah 2021. Selesai FS (feasibility study atau studi kelayakan) akhir tahun 2020 selesai," lanjutnya.

Menurutnya, jarak tempuh kereta cepat ini bisa melampaui kereta api Jakarta-Surabaya yang selama ini sudah beroperasi dengan waktu tempuh 9-10 jam dan kecepatan rata-rata hanya 90 km/jam.

"Kereta sekarang rata-rata 90 km/jam, makanya bisa sampai 9-10 jam Jakarta-Surabaya. Makanya (jalur) itu perlu direvitalisasi," tutur Zulfikri.

Zulfikri mengatakan, awalnya kereta cepat ini mau melintasi jalur eksisting kereta api rute Jakarta-Surabaya. Namun, jalur tersebut perlu direvitalisasi untuk menjadi lintasan kereta kencang.