Rel Ganda Jakarta-Surabaya Mulai Dikerjakan

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dirjen Perkeretaapian Kemenhub saat ini tengah mengerjakan rel ganda jalur Jakarta menuju Wonokromo Surabaya.
Nantinya semua jalur rel KA dari Surabaya menuju Jakarta melalui jalur tengah itu sudah berupa dobel trek. KA di sepanjang jalan bisa simpangan sehingga bisa memangkas waktu perjalanan hingga dua jam. "Saat ini jalur tengah yang sudah dobel trek Madiun hingga Jakarta. Sedang dituntaskan menembus Jombang," terang Waka Daop 8 PT KAI Djainufi, Selasa (27/11).
Nantinya jalur dobel trek itu akan menembus Surabaya melaui Wonokromo hingga Stasiun Gubeng. Saat ini, jalur kereta api utara dari Stasiun Pasar Turi melewati Gresik Lamongan Bojonegoro sudah dobel trek. Djainuri belum tahu persis kapan perlintasan KA dobel trek jalur tengah itu akan dituntaskan. Yang jelas, pengerjaan dilakukan oleh Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian Kemenhub.
Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko menambahkan bahwa saat ini dobel trek itu sudah menembus Jombang, yang nantinya akan dilanjutkan hingga Surabaya. Jika melalui jalur tengah perjalanan KA Surabaya-Jakarta ditempuh dalam waktu 12 jam. Jika dobel trek bisa dua jam lebih cepat. "Yang sudah beroperasi adalah dobel trek jalur utara. Ke Jakarta cukup 10 jam dari Pasar Turi," kata Gatut. Sb