Rektor Unair Beberkan Hal Tak Terduga Terkait SNMPTN 2018

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jelang berakhirnya pendaftaran SNMPTN, Rektor Unair M. Nasih kembali melakukan hal yang tak terduga. Kali ini, pria yang lekat dengan gaya kepemimpinan millenials itu siap memberikan imbalan uang bagi siapa saja yang mampu memberikan info terkait praktek percaloan yang mengatasnamakan Universitas Airlangga.

"Karena itu saya jamin tidak ada. Cara bagi calon mahasiswa untuk bisa kuliah di Unair hanya ada melalui jalur resmi yang kriteria untuk lolosnya sudah sangat jelas. Jujur saya terganggu atas seringnya merebak info liar bahwa dengan membayar sejumlah uang lantas bisa langsung masuk Unair. Jadi, kalau ada yang bisa memberi informasi valid terkait oknum yang menawarkan hal itu, maka ada hadiah uang tunai bagi si pelapor," kata Nasih ketika ditemui di ruang Rektor Unair, Senin (5/3/2018).

Jumlah uang yang ditawarkan pun tidak main-main. Rektor berlatarbelakang pakar ekonomi itu menjanjikan sejumlah uang yang sama dengan biaya yang diminta oleh oknum calo. "Jadi kalau misal diminta 800 juta untuk masuk FK, maka hadiah bagi yang melaporkan pun 800 juta. Syaratnya adalah informasi yang diberikan adalah valid. Ada bukti foto, rekaman atau video. Lalu pada hari apa dan jam serta dimana akan ada pertemuan dengan oknum calonya. Syukur-syukur beserta uang atau bahasanya bisa di OTT(Operasi Tangkap Tangan," tegasnya.

Di sisi lain, pada kesempatan tersebut Nasih juga memberikan informasi terkait jumlah pendaftar SNMPTN 2017 yang memilih Unair sebagi tujuan mereka. Menurut data yang ia terima, hingga hari ini tercatat ada lebih dari 25 ribu pendaftar.

"Memang masih lebih rendah daripada tahun lalu yang mencapai 29 ribu. Tapi hingga penutupan nanti kami masih optimis bisa mencapai paling tidak sama seperti tahun lalu," jelas Nasih.

"Beberapa Fakultas yang tahun lalu menjadi favorit pun tahun ini kembali menjadi pilihan utama. Meskipun demikian, bukan berarti yang lain minim pemilih. Tingkat keketatan untuk pendaftar di tiap jurusan rata-rata masih 1:20, bahkan ada juga yang 1:40," pungkasnya.

Sebagai informasi, masa pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka mulai 21 Februari-6 Maret. Sementara pengumuman hasil seleksi tersebut akan dibagikan pada tanggal 17 April.ifw