Rekomendasi PAPDI Mengenai Vaksinasi Sinovac pada Pasien Komorbid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 18 Jan 2021 10:50 WIB

Rekomendasi PAPDI Mengenai Vaksinasi Sinovac pada Pasien Komorbid

i

Vaksin Sinovac. SP/ BBC

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dalam rangka menurunkan risiko kondisi kesehatan tertentu yang akan terjadi sebelum disuntik Vaksin Sinovac , Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) memberikan rekomendasi tentang vaksinasi Sinovac pada pasien dengan penyakit penyerta (komorbid), Senin (18/1/2021).

Seperti keterangan tertulis yang diterima Surabayapagi.com pada Senin (18/1/2021), rekomendasi PAPDI ini merupakan living document sehingga akan terus direvisi mengikuti perkembangan yang ada.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Selain itu, pelaksanaan Program vaksinasi massal Covid-19 di Indonesia perdana telah dimulai Rabu (13/1/2021), dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac di Istana Negara, Jakarta.

Rencananya program vaksinasi tersebut akan berlangsung selama 15 bulan dengan target 181,5 juta penduduk disuntik vaksin atau 70 persen dari total masyarakat Indonesia.

Selain faktor dari ketersediaan vaksin, siapa saja yang akan lebih dulu divaksinasi juga telah ditetapkan oleh pemerintah, utamanya kelompok orang yang berisiko tinggi terpapar Covid-19 seperti tenaga kesehatan.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

Meski demikian ada pula kelompok orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus hati-hati atau bahkan tidak boleh diberi vaksin Covid-19 Sinovac untuk menghindari atau menurunkan risiko yang bisa terjadi pada. Inilah yang melatarbelakangi PAPDI memberikan rekomendasi tentang pemberian vaksinasi Covid-19 Sinovac/Inactivated pada pasien dengan penyakit penyerta (komorbid).

Berikut, isi lengkap rekomendasi PAPDI tentang pemberian vaksinasi Covid-19 Sinovac/Inactivated pada pasien dengan penyakit penyerta (komorbid) dapat diunduh dibawah ini:

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

Rekomendasi_PAPDI_ttg_Pemberian_Vaksinasi_COVID-19_Rev_17_Jan_2021

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU