Ratusan Warga Rebutan Salak di Kirab Nadhong Dongo

SURABAYAPAGI.COM, Tuban- Ratusan warga berebut gunungan salak dalam kirab nadhong dongo yang merupakan acara puncak festival kampung salak, dusun Rahayu, desa Rengel, Kabupaten Tuban.

Selain mengarak gunungan salak, dalam kirab yang langsung dibuka oleh Noor Nahar Husain selaku wakil Bupati Tuban itu, turut menampilkan beberapa kesenian antara lain seni tradisional Jedoran, arak- arakan kereta berbentuk naga dan kuda lengkap dengan baju tradisional serta multi etnis.

Dalam sambutanya, Noor Nahar yang ternyata juga warga asli desa Rengel, sangat mengapresiasi festival kampung salak yang diselenggarakan oleh warga, mengingat acara sebesar itu mampu dilaksanakan secara swadaya dan sukarela.

"Saya sangat bangga, warga dusun Rahayu atau tepatnya warga Rengel RW 3 dan RW 4, mampu menyelenggarakan acara sebesar ini dengan swadaya serta sukarela"

Giat festival kampung salak dilaksanakan selama dua hari yakni mulai tanggal 11- 12 Oktober, selain kirab juga diselenggarakan macam- macam kegiatan lainya seperti workhsop dongeng, pameran keris dan pusaka, nglukis bareng, jagongan budaya dan pentas seni.

Mudzhir selaku panita pelaksana menerangkan jika kegiatan ini diselenggarakan tak lain sebagai wujud sukur warga, termasuk didalamnya ada usaha untuk selalu nguri- nguri budaya lokal seperti yang ditampilkan dalam Kirab.

Disamping itu, ditambah danya keinginan warga untuk menjadikan kampung salak sebagai wisata eko- kultur yang menjadikan salak sebagai komoditi utamanya.

"Kegiatan ini sebagai niat kami dalam menyelenggarakan desa eko- kultur, dimana nantinya menjadikan salak sebagai komdoditi utamanya," pungkas mudzhir.