Rampas HP, 2 Jambret Didor

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tim Anti Bandit Unit Reskrim Polsek Sukolilo melumpuhkan dua remaja pelaku penjambretan. Kedua tersangka itu beraksi dengan menyasar para pelajar hingga mahasiswi. Dua pelaku penjambretan yang diketahui bernama Reynaldi (19) dan Yuda Prastyo (23) ini merupakan warga Jalan Lumumba Dalam Buntu, Wonokromo, Surabaya.

Dari penuturan salah satu pelaku, yuda, mereka menargetkan wanita sebagai korban karena mudah dan lemah.

“Soalnya kalau wanita itu kebanyakan gak melawan. Jadi anak-anak sekolah ini yang kami cari tuk dijambret ponselnya. Baru tiga kali jambret dan barang kita jual secara online dengan harga sekitar Rp 750.000-an,” ucapnya.

Kedua pelaku itu diburu setelah teridentifikasi merampas HP Oppo A7 milik remaja perempuan berinisial SP (16), pelajar kelas 10 salah satu SMAN di Surabaya. Perampasan itu terjadi di Jalan Nginden Intan Surabaya, sekitar pukul 21.00 Wib, Selasa (3/3/2020).

Bunari menjelaskan, modus dua bandit itu saat beraksi seperti bandit-bandit yang lain. Keduanya berkeliling mengendarai motor berboncengan untuk mencari sasaran.

Saat mendapat calon korban, pelaku Yuda yang bertugas sebagai ekskutor langsung menyambar handphone (HP) yang dipegang korban, yang saat itu dibonceng temannya. Sedangkan pelaku Reynaldi berperan sebagai joki.

Ia menambahkan, kedua pelaku ini mengaku tiga kali menjambret di tiga titik. Ada Jalan Nginden Intan dan dua titik lain di kawasan Sukokilo. Menurut pengakuan para pelaku, mereka menjambret untuk dipakai pesta miras dan karoke.

Saat hendak ditangkap, keduanya melawan dan lari. Saat itu petugas melakukan penembakan tegas dan terukur sampai akhirnya kaki kedua pelaku dilumpuhkan.