•   Senin, 30 Maret 2020
Traveling

Rambut Monte, Dapat Dijadikan Destinasi Tempat Wisata Sebelum Liburan Berakhir

( words)
Rambut Monte, Air Telaga Ini Sangat Jernih Serta Berwana Biru Toska.


SURABAYAPAGI.COM,-Rambut Monte adalah sebuah tempat di Desa Krisik,Kecamatan Gandusari , kurang lebih 30 km dari Kota Blitar. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada jaman Kerajaan Majapahit.

Sepanjang perjalanan setelah melewati kecamatan Wlingi, kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan suhu udara yang menyegarkan. Jalan yang cukup berkelok-kelok dengan sawah-sawah yang terbentang cukup luas, beberapa perkebunan, aliran sungai dan gunung-gunung menghimpit jalan menuju lokasi.

Pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan telaga ini. Keunikan Rambut Monte adalah adanya mata air yang membentuk sebuah telaga. Airnya jernih. Seolah pepohonan bisa bercermin dan pantulannya membuat air tepian telaga berwarna hijau mengelilingi pusat mata airnya yang biru.

Rambut Monte bukan hanya sekedar tempat wisata melainkan juga sebagai cagar budaya. Hal ini karena di Rambut Monte terdapat sebuah candi bersejarah yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang pada saat hari keagaamaan.

Telaga ini juga dihuni oleh ratusan ikan langka asli Indonesia yang dikeramatkan oleh penduduk setempat, yaitu ikan Sengkaring. Mereka menyebutnya ikan dewa. Konon katanya ikan tersebut merupakan pohon-pohon yang berada di sekitar danau yang dibakar oleh Mbah Monte, dikarenakan beliau marah kepada dua muridnya yang telah menyalah gunakan ilmu yang telah diberikan, kemudian membuat Mbah Monte murka dan membakar seluruh pohon yang berada di sekitar danau, dan dua muridnya tersebut berubah menjadi dua sumber mata air yang berbeda.
Kini bangunan di sisi telaga sudah dipugar disertai kolam renang disisinya yang dilengkapi kamar bilas disebelahnya.

Berita Populer