•   Minggu, 19 Januari 2020
Peristiwa Nasional

Punya Hak Pendidikan Sama, Siswa SLB Ikuti Jambore Berbasis Pramuka

( words)
Siswa Berkebutuhan Khusus yang jadi peserta Jambore Pramuka Berbasis Kebutuhan Karakter.


SURABAYA PAGI.COM. Tuban- Puluhan pelajar berkebutuhan khusus dari Lima Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Tuban, mengikuti Jambore Pramuka di Bumi Perkemahan Jati Wangi Park, Merakurak, Tuban, Rabu, (02/10/2019).

Jambore pendidikan karakter berbasis Pramuka dengan tema "Aku ADA, aku BISA, aku MAMPU, meski BERBEDA" itu, diikuti sebanyak 77 siswa-siswi berkebutuhan khusus di tingkat SD, SMP dan SMA dari SLB Negeri dan Swasta di Tuban, mulai hari Rabu sampai Kamis (3/10/2019) esok.

Ketua pelaksana Jambore, Dwi Prasetyawati, mengatakan, kegiatan jambore ini baru kali pertama dilaksanakan secara bersama, sebelumnya, sekolah menyelenggarakan sendiri di lembaga masing- masing.

Dwi juga menambahkan, tujuan dilaksanakanya Jambore berbasis Pramuka ini, agar siswa berkebutuhan khusus ini mendapatkan kesetaraan dalam memperoleh pendidikan dan pelayanan yang sama dengan siswa reguler pada umumnya.
"Kita ingin anak berkebutuhan khusus juga mendapatkan pendidikan dan pelayanan yang layak dan sama dengan siswa reguler pada umumnya. Seperti kegiatan pramuka ini," bebernya.

Disampaikan Dwi, dalam Jambore ini, siswa-siswi SLB ini juga melakukan kegiatan layaknya pramuka secara umum, seperti lomba ketangkasan, tali temali, dan keterampilan lainnya. Namun tentu dengan tingkat kesulitan dan ketangkasan yang berbeda.

"Kita senang karena anak-anak kita yang berkebutuhan khusus ini terlihat sangat ceria dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan jambore Pramuka bersama ini. Mereka gembira sekali," paparnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Luar Biasa (SLB) Kabupaten Tuban, Budhiono, juga berharap kegiatan Jambore Pendidikan Karakter berbasis Pramuka yang diikuti siswa-siswi berkebutuhan khusus ini, semakin menambah tingkat kepercayaan diri mereka.

Budhiono juga menyatakan jika pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan jambore pramuka khusus pelajar SLB di seluruh Kabupaten Tuban ini.

"Semoga kegiatan jambore berbasis pramuka untuk pelajar berkebutuhan khusus ini bisa rutin terlaksana setiap tahun. Kita sangat mendukung sekali," tandasnya.

Berita Populer