PSBB Surabaya Raya Jilid 3 Berakhir Besok, Akankah Ada Jilid 4?

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PSBB Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo) jilid 3 akan segera berakhir. Pemprov Jatim hingga kini masih menunggu penjelasan dari tim epidemiologi, terkait evaluasi PSBB jilid 3.

"Sekali lagi kami ingin sampaikan menjelang berakhirnya PSBB (Surabaya Raya), yang selalu dilakukan Pemprov Jatim adalah selalu memfasilitasi penjelasan dari epidemiologi. Saat ini proses tersebut belum berlangsung," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Minggu (7/6/2020).

Emil menjelaskan, pihaknya masih menunggu penjelasan dari tim epidemiologi yang profesional mengenai situasi kurva epidemiologi di Surabaya Raya. "Kita masih menunggu penjelasan juga terkait situasi perkembangan rate of transmission dan curva susceptible-infected-recovered (SIR)," jelas Emil.

Bila penjelasan tersebut sudah dipaparkan ke Pemprov Jatim, Emil menyebut, akan dicocokkan dengan aturan-aturan yang berlaku.

"Jadi PSBB dilanjutkan atau tidaknya, nanti keputusan akan diambil secara kolektif oleh kepala daerah terkait (Wali Kota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo)," terangnya.

Untuk saat ini, Mantan Bupati Trenggalek tersebut belum bisa memastikan apakah PSBB Surabaya Raya akan diperpanjang atau tidak.

"Jadi saya belum bisa menjawab sebelum proses itu terjadi untuk PSBB Surabaya Raya tahap 3 ini," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui, PSBB Surabaya Raya Jilid 1 mulai diberlakukan pada 28 April-11 Mei 2020. Kemudian diperpanjang mulai 12 Mei-25 Mei 2020. Hingga akhirnya diperpanjang kembali dari 26 Mei-8 Juni 2020.  dsy3