Provinsi Papua Barat Daya Didukung Gubernur Papua Barat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Jan 2020 09:29 WIB

Provinsi Papua Barat Daya Didukung Gubernur Papua Barat

SURABAYAPAGI.COM, Papua -Dominggus Mandacan, Gubernur Papua Barat mengharapkan pemerintah pusat segera mencabut moratorium atau penangguhan pemekaran wilayah Papua. Dia menginginkan pembentukan daerah otonom baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya dikabulkan. Pemerintah Provinsi Papua Barat disebut mendukung pembentukan provinsi Papua Barat Daya. Persyaratan pembentukan dikatakan sudah lengkap dan masyarakat menyambut baik rencana itu.
Dominggus juga berharap semua pihak di Papua mendukung perjuangan pemekaran provinsi ini. Dia bilang saat ini ada pihak yang berjuang sendiri untuk pemekaran serta ada pula lembaga yang mengaku sanggup membantu merealisasikan pemekaran provinsi.

Dominggus menyebut pihaknya tidak bisa mengeluarkan anggaran untuk mendukung kelompok yang memperjuangkan pemekaran namun tidak jelas. Menurut Dominggus pihaknya selalu mengikuti pertemuan terkait pemekaran provinsi yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri.
Pemprov Papua Barat dijelaskan telah membentuk wadah yang dipimpin Wali Kota Sorong dibantu para bupati di wilayah Sorong Raya. Wadah inilah yang diberi kepercayaan untuk terus berjuangkan pemekaran provinsi.

Pada Desember 2019 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemekaran provinsi Papua membutuhkan kajian mendalam. Saat itu dia menyebut moratorium masih berlaku, Papua saat ini hanya ada dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat.
Jokowi membuka pintu usulan seperti pemekaran wilayah Papua Selatan dan Papua Tengah. Komisi II DPR juga sudah menyatakan mendukung pemekaran provinsi di Papua yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU