Protokol Ketat Sidang Paripurna DPR

Surabaya Pagi, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan, pihaknya akan menerapkan protokol ketat saat menggelar rapat paripurna esok hari.

DPR RI dijadwalkan tetap menggelar Rapat Paripurna pembukaan Masa Persidangan III pada Senin (30/3/2020) esok di tengah pandemi virus corona (covid-19).

"Tetap dijalankan rapat paripurna DPR, tapi dengan protokol covid-19 yang sangat ketat, yang sudah diputuskan oleh Pimpinan DPR," kata Indra, Minggu (29/3/2020).

Indra menjelaskan pihak Kesekjenan telah menyiapkan beberapa upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai tata tertib atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diikuti setiap anggota dewan yang hadir.

Nantinya di tahap awal, di luar ruang paripurna para anggota dewan akan disemprotkan disinfektan melalui disinfektan chamber (bilik disinfektan.

Sebelum nantinya memasuki ruang paripurna mereka akan melalui tahap pengecekan suhu tubuh dan wajib mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

"Nanti sebelum masuk ruangan di tahap pertama ada chamber disinfektan, ada pengukuran suhu atau thermal scanner. Kemudian semua wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer," ujar Indra.

Menjaga jarak fisik (phsyical distancing) turut diterapkan di dalam ruangan paripurna. Posisi duduk antar anggota dewan akan diberi jarak dua kursi.

Pada Sidang Parpurna besok, Indra mengatakan rapat akan digelar di Ruang Paripurna di Gedung Nusantara yang memang memiliki ruangan lebih luas dibanding Ruang Paripurna di Gedung Nusantara II, tempat biasanya DPR RI menggelar rapat paripurna.

"Jarak dua kursi dengan diberi tanda kursi-kursi yang tidak boleh diduduki," ucapnya.
Indra mengatakan tidak semua anggota dewan akan hadir dalam rapat tersebut. Ia memastikan jalannya rapat besok akan tetap sesuai dengan tata tertib DPR.

Sidang Paripurna tetap bisa diikuti bagi mereka yang tidak hadir di lokasi, melalui teleconference.

"Karena masih banyak di dapil dan tidak bisa hadir karena situasi maka kami siapkan teleconference," kata dia.

Menurut informasi, rapat paripurna esok akan digelar pada pukul 14.00 WIB. Dalam rapat itu, tidak akan ada mekanisme pengambilan keputusan.