•   Jumat, 3 April 2020
Traveling

Progres Kesiapan Tol Jakarta-Surabaya Sebelum Libur Nataru

( words)


SURABAYAPAGI.com - Menjelang momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) acapkali menjadikan lalu lintas kendaraan menjadi kian padat. Tak ayal, pengecekan kondisi lalu lintas kendaraan seperti di jalan tol pun perlu dilakukan.
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pengecekan ruas jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya.
Sementara saat ini, kata Budi, pihaknya sedang fokus dalam melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan termasuk bus pariwisata ataupun kendaraan reguler yang nantinya digunakan sebagai transportasi di momen akhir tahun itu.
"Pak Menteri minta ramp check itu untuk kendaraan bus pariwisata maupun kendaraan reguler itu harus ditingkatkan kembali. Beliau mentargetkan mungkin sekitar 75-80 persen kendaraan sudah di ramp check semuanya," terangnya.
Budi melanjutkan, pemeriksaan kesiapan kendaraan itu tak hanya berlaku bagi moda transportasi darat. Namun juga akan dilakukan di kapal penyeberangan yang membawa penumpang.
Adapun waktu pengecekan tersebut dimulai pada tanggal 20 Desember 2018 hingga menjelang tahun baru 2019.
Budi juga memastikan pengecekan jalan tol itu utamanya menyangkut titik-titik rawan adanya kemacetan, seperti di jalur Jakarta-Cikampek.
"Kalau Cikampek menyangkut pekerjaan bangunan kalau sampai ke Surabaya menyangkut masalah keselamatan," ujar Dirjen yang dilantik Menhub pada November 2017 lalu itu.
Direktur Angkutan Multi Moda Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani menambahkan, regulator akan membuka opsi tol Jakarta-Cikampek untuk diberlakukan sistem one way (satu jalur) saat masa puncak kepadatan kendaraan.
"Nanti dilihat kecenderungannya, kalau diperlukan one way pasti dilakukan, kalau diperlukan hanya one way-nya tidak menyeluruh tidak menyeluruh, tinggal dilihat kondisi di lapangan seperti apa," katanya dihubungi berbeda.

Ahmad menyebut pihaknya juga akan melakukan pembatasan angkuran darat yang dilangsungkan mulai pukul 00.00 Wib pada tanggal 21 hingga 24 Desember 2018 mendatang. kp

Berita Populer