•   Jumat, 3 April 2020
Otonomi Daerah

Program Jebol Prima DPPMT Lamongan Mudahkan Pelayanan

( words)
Salah satu warga menerima SIUP usai memanfaatkan layanan terpadu DPPMT di Desa Tunjung Mekar Kec Kalitengah Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Pelayanan perijinan dengan program Jebol Prima (Jemput Bola Pelayanan Perizinan Masyarakat), Dinas Perizinan dan Pelayanan Masyarakat Terpadu (DPPMT) Kabupaten Lamongan, dirasa oleh masyarakat cukup efektif dan membantu masyarakat untuk mendapatkan legalitas ijin usaha.

Bagaimana tidak, layanan terpadu yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2020, salah satunya kerja sama dengan Dinas Perizinan dan Pelayanan Masyarakat Terpadu (DPPMT) Kabupaten Lamongan, di Kantor Desa Tunjung Mekar Kecamatan Kalitengah, diserbu warga untuk mengurus legalitas usaha, Rabu (29/1/2020).

Warga berbondong-bondong mengurus ijin usaha dengan hanya mengisi blanko, menyertakan KTP dan email, modal usaha dibawah 500 juta, untuk pengajuan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). "Kalau persyaratan lengkap dan modalnya dibawah Rp 500 juta, SIUP hanya beberapa menit sudah jadi," kata Fahmi, Kasi Pelayanan 2 DPPMT Lamongan.

Disebutkan olehnya, langkah kongkrit pihak perijinan dengan memaksimalkan pelayanan dengan mendatangi titik-titik adalah bagian dari program baru yang diberi nama Jebol Prima, untuk menyapa langsung warga agar masyarakat terbantu untuk mendapatkan SIUP.

Bahkan setiap Minggu pagi di alun-alun Lamongan, pihak DPPMT membuka layanan yang sama-sama. "Selain di alun-alun akan kita lakukan jemput bola ke sejumlah titik di Kecamatan, tujuanya masyarakat tidak jauh-jauh ke Lamongan," ujarnya.

Dalam waktu dekat, DPPMT juga akan menempati Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Lamongrejo Lamongan dengan sejumlah OPD pelayanan. "Kita akan launching program Jebol Prima bersamaan peresmian MPP bulan depan," ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Lamongan, Bachtiar Febrianto berharap, dengan kegiatan bakti sosial dan pelayanan publik terpadu pada HPN 2020, PWI Lamongan lebih bermanfaat untuk masyarakat.

"PWI Lamongan ingin berbuat yang terbaik, di antaranya membantu masyarakat dengan pengurusan dokumen diri, semoga kita bermanfaat bagi sesama," ujarnya.

Dijelaskan Febri, bakti sosial dan pelayanan terpadu yang digelar PWI Lamongan terdiri dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Perizinan, Samsat Polres Lamongan, Disperindag dan Dinkes.

Selain kegiatan bakti sosial HPN 2020 ini, tambah Febri, PWI Lamongan juga memberikan bantuan kepada warga kurang mampu di Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang. Juga ada donor darah, santunan yatim, tasyakuran, dan PWI Awards.

"Masih ada sejumlah kegiatan yang kita lakukan, dan puncaknya yakni PWI Awards yang akan diberikan kepada sejumlah tokoh, petani, pengusaha, pendidik, pelajar, dan pejabat yang inovatif dan inspiratif," pungkasnya.jir

Berita Populer