Pria Beri Cokelat Valentine pada Istri Selama 39 Tahun

SURABAYAPAGI.com - Seorang suami memberikan istrinya sekotak cokelat setiap Hari Valentine selama 39 tahun. Dia berjanji, terus melakukan tradisi itu meski sang istri menderita demensia.
Ron dan Donna Kramer adalah pasangan suami istri dari Albuquerque, yang pertama kali bertemu pada 1979. Saat itu ,Ron mendatangi rumah Donna, ketika masih bekerja sebagai salesman asuransi.
Setelah keduanya resmi berpacaran, Ron menanyakan kepada Donna apa hadiah yang diinginkannya untuk hari Valentine mereka bersama. Donna mengatakan, kalau ia ingin cokelat krim hitam dari toko Buffet's Candies. Jadi, itulah yang dibawakan Ron untuk Donna.
Ron diberitahu, kalau dia bisa menyimpan kotak cokelat itu hingga tahun depan, dan Ron bisa mengisinya kembali dengan cokelat yang sama tanpa harus membayar kotaknya lagi.
Lalu, 39 tahun kemudian, di mana Donna sekarang tinggal di rumah perawatan, Ron masih menggunakan kotak cokelat yang persis sama untuk diisi dengan creme cokelat hitam untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada istrinya di Hari Valentine.
Di 2014, Donna didiagnosis menderita demensia. Kondisi mentalnya menurun hingga ke tingkat di mana Ron harus memindahkan Donna ke panti jompo setahun kemudian.
"Dia tidak bisa menulis, dia tidak bisa bicara, dia tidak bisa ke kamar mandi, dia tidak bisa melakukan apapun seorang diri," kata Ron kepada KOAT seperti dikutip laman The Independent, Rabu 14 Februari 2018.
Ron melanjutkan, Donna harus dikirim ke panti jompo pada Agustus 2015. "Dan, itu mungkin adalah hari paling menyedihkan di hidup saya," katanya.
Ron juga tahu, kalau ingatan Donna akan semakin buruk secara perlahan, karena itu dia sangat menghargai setiap momen berharga yang dihabiskannya bersama.
"Dia akan lupa semuanya, dia akan lupa siapa saya. Jadi, nikmati setiap menit yang bisa Anda miliki bersama mereka yang masih mengingat Anda," pesan Ron.
Donna sebenarnya mengetahui betapa beruntungnya ia memiliki suami yang istimewa. "Dia adalah penjaga," katanya. (viv/cr)