PPP Usul Karantina Perwilayah

Surabaya Pagi, Jakarta - Sekretaris Fraksi PPP di DPR Achmad Baidowi mengusulkan penerapan karantina wilayah. Sebab, kondisi penyebaran virus korona (covid-19) cukup mengkhawatirkan.


"Penyebaran virus sangat masif sementara interaksi sosial masih terjadi. Maka pemerintah sudah bisa mempertimbangkan opsi karantina (lockdown) untuk kota-kota besar yang penyebaran covid-19 sangat sporadis," kata Baidowi, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.


Baidowi menilai anjuran pembatasan jarak atausocial distancing tidak diikuti semua pihak. Masih banyak warga bekerja di luar rumah.


Baidowi sekaligus Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu meminta pemerintah tegas. “Permerintah haruslah tegas dalam menerapkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Pihak yang melanggar harus diberi sanksi” kata Baidowi


Dia juga meminta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah ditingkatkan. Terutama, memenuhi kebutuhan masyarakat bila opsi karantina wilayah diterapkan.


"Ketersediaan bahan pangan bagi warga yang tidak boleh beraktivitas di luar. Tentu akan efektif apabila dibarengi dengan penegakan hukum yang ketat. Keselamatan manusia harus diutamakan," ujar dia