PPDB Sistem Zonasi, 2 SMA di Jember Kekurangan Siswa

SURABAYAPAGI, Jember- Dua SMA di Kabupaten Jember hingga masa terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih kekurangan jumlah pendaftarnya. Dalam PPDB tersebut SMA di Jember menetapkan sistem zonasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang Lutfi Isa Anshori mengatakan, SMA yang mengalami kekurangan yakni adalah SMA Negeri 1 Tanggul dan SMA Negeri Sukowono. Kekurangan ini dilihat dari PPDB jalur online per tanggal hari ini. “Kondisi seperti ini perlu dengan cepat dilakukan penyesuaian untuk mengatasi persoalan tersebut,’ Kata Lutfi, Kamis (27/6/2019).
Langkah yang diambil oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Jember Lumajang yakni dengan mengijinkan sekolah melakukan penerimaan siswa dengan sistem bebas zona. “Artinya sekolah berhak menerima siswa diluar zona untuk diterima, tetapi tetap bagi siswa yang wilayahnya terdekat bisa di dahulukan,” ujarnya.
Lutfi juga menambahkan, kepada wali murid bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah yang masih kekurangan siswa di PPDB gelombang kedua. “Hal ini dimaksudkan untuk sekolah yang kekurangan siswa pada pagu sekolahnya bisa terpenuhi dengan maksimal,” pungkasnya.koes