PP Muhammadiyah Bachtiar Effendi Berpulang Kamis Dini Hari

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Kabar duka menyelimuti ormas Muhamadiyah. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bachtiar Effendi telah berpulang ke rahmatullah. Almarhum meninggal dunia di rumah sakit Islam Jakarta Cempaka Putih.

Kabar tersebut diketahui dari akun Twitter @muhammadiyah

"Innalillahi wainnailaihi rajiun. Turut berduka cita atas berpulangnya Ketua Pimpinan Pusat #Muhammadiyah, Prof. Dr. Bahtiar Effendy, 21 November 2019 di RSIJ Cempaka Putih, pukul 00.00 WIB," tulis akun resmi Muhammadiyah itu.

Sejumlah tokoh juga mengumumkan kabar duka tersebut, misalnya tokoh Muhammadiyah Din Syamsudin

"INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN, Saudara, sahabat, guru kita Prof. Dr. Bahtiar Effendy (Ketua PP Muhammadiyah) telah berpulang ke rahmatullah sekitar pk00 (dini hari 21 Nop 2019) di ICU RSIJ Cempaka Putih," kata Din Syamsuddin, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Ia juga turut meminta masyarakat untuk mendoakan almarhum agar diberikan ampunan oleh Allah SWT.

"Mohon doa semoga Allah SWT melimpahkan atas almarhum maghfirah, rahmah, dan jannahNya," ujar dia.

Kemudian, ucapan bela sungkawa juga disampaikan oleh peneliti LIPI, Syamsuddin Haris. Ia menyampaikan telah kehilangan sosok guru besar yang rendah hati

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Turut berduka yg mendalam atas wafatnya Prof. Bahtiar Effendy, Guru Besar UIN. Kita kehilangan seorang cendekiawan Muslim yg rendah hati & ramah kpd semua orang. Semoga almarhum husnul khotimah dan memperoleh surga terbaik dari Allah SWT. Amiien," tulis Syamsuddin dalam akun twitternya.

Tak lupa mantan menag lukman Hakim Saifuddin menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Bahtiar Effendy. Ia menilai Effendy sebagai seorang pemikir.

"Prof. Dr. Bahtiar Effendy adalah salah seorang pemikir yang gigih mempersiapkan pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Semangatnya yang tak pernah padam, wujud dari keikhlasannya yang penuh, sungguh mengagumkan," tulis Lukman Hakim dalam akun twitternya, @lukmansaifuddin.