Polres Pamekasan Launching Kampung Tangguh

Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e (tengah/baju batik) menggunting pita peresmian kampung tangguh disaksikan Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari dan Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M Effendi, Kamis (4/6/2020).

SURABAYAPAGI.COM, Pamekasan – Dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah corona khususnya di kabupaten Pamekasan, Polres Pamekasan secara resmi melaunching “Kampung Tangguh” di desa Toket, kecamatan Proppo, Kamis (4/6).

Dalam peresmian itu dihadiri sejumlah tokoh penting di Pamekasan. Diantaranya, Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari disaksikan Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e dan Kodim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M Effendi, serta sejumlah jajaran pejabat Polres, Forkopimka setempat.

“Prinsipnya kampung tangguh ini merupakan upaya dari masyarakat sendiri dalam upaya memecah berbagai masalah di masyarakat, salah satu di antaranya terkait pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di kabupaten Pamekasan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari.

Djoko mengatakan, saat ini terdapat sebanyak tiga kampung tangguh yang digagas Polres Pamekasan, meliputi dua desa di kecamatan Proppo, yakni Desa Pangorayan dan Desa Toket, serta satu desa di kecamatan Pasean, yakni Desa Sotaber.

“Dengan ini kami meminta dukungan dan kerjasama masyarakat untuk bersama bahu membahu dan bergotong royong mencari solusi pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

“Dari itu kita harus selalu berupaya dan beriktiar untuk melakukan yang terbaik, salah satunya dengan membentuk Kampung Tangguh. Sehingga nantinya kita harapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk selalu bergotong royong melalui berbagai divisi yang sudah ada, seperti keamanan, kesehatan, pangan dan lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, keberadaan kampung tangguh diharapkan nantinya dapat memberikan rasa aman khususnya terhadap keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Tidak kalah penting kami juga harapkan agar keberadaan kampung tangguh ini nantinya bisa diberdayakan sebagai bentuk pengamanan swakarsa,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya bersama Wakil Bupati Raja’e dan Dandim Pamekasan juga memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat terdampak Covid-19. Sekaligus menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen masyarakat terhadap keberadaan kampung tangguh yang digagasnya.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh perangkat maupun masyarakat desa yang sudah ikut serta dan berperan aktif dalam upaya membentuk kampung tangguh ini, mudah-mudahan nantinya dapat menjadi motivasi sekaligus dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19,” pungkasnya.