•   Rabu, 29 Januari 2020
Pilpres 2019

Polda Blokir 32 Akun Medsos Penyebar Hoaks

( words)
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Frans Barung Mangera. Foto: SP/ANTO


SURABAYAPAGI.com - Tim Cyber Patrol Kepolisian Polda Jawa Timur menindak puluhan akun media sosial yang menyebarkan informasi Hoaks adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) asal China yang berkaitan dengan penyelenggaran pemilu Pemilihan Presiden 2019.
Penegasan ini diterangkan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera satu di antara puluhan akun media sosial penyebar berita Hoax itu menyebarkan informasi tidak benar mengenai adanya 10 Juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) asal China. “Kami pastikan DPT 10 Juta dari China itu hoaks,” ungkapnya di Mapolda Jatim, Kamis (3/1).
Barung Mangera menjelaskan selama 24 jam ini Tim Cyber Patrol Polda Jatim sudah melakukan tindakan tegas terhadap akun media sosial penyebar berita hoaks. Polisi tidak akan segan-segan untuk take down (menonaktifkan) akun media sosial yang terindikasi menyebarkan informasi tidak benar hingga mengancam kondusifitas keamanan di Jawa Timur. “Ada 32 akun media sosial penyebar hoaks mengenai Pilpres yang telah kami tindak tegas,” jelasnya.
Dia menegaskan segala upaya dilakukannya untuk mengamankan dunia maya dari informasi hoaks yang menyangkut Pilpres khususnya di Jawa Timur. “Polda Jatim tidak akan membiarkan apapun yang berhubungan dengan berita hoaks menyangkut tentang Pilpres ini,” pungkasnya. nt

Berita Populer