•   Kamis, 12 Desember 2019
Agrobisnis

PM Belanda Sowan ke Istana, Ini yang Dilakukan Jokowi

( words)
Saat PM Belanda berjalan bersama Jokowi mengenakan batik SP/Det


SURABAYAPAGI.com – Siang tadi, Perdana Menteri Beolanda sowan (mengunjugi) Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, senin (7/10). Dengan mengenakan batik PM Belnda berjalan bersama Jokowi menuju Istana.

Dalam pertemuan ini, Jokowi kembali menyoroti kebijakan Uni Eropa terkait crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah.

Jokowi bilang, pertemuan ini menjadi kesempatan Indonesia untuk membahas hal-hal strategis di bidang perdagangan dan investasi dengan negara kincir angin tersebut.

"Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa. Baik di bidang perdagangan, investasi, maupun pariwisata," kata Jokowi.

Jokowi bilang, di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan kedua terbesar dan mitra investasi pertama yang mendatangkan wisatawan terbanyak keempat dari Eropa untuk Indonesia.

Presiden menyampaikan, kerjasama kedua negara khususnya kerjasama bidang perdagangan perlu ditingkatkan kembali mengingat terjadinya pelemahan ekonomi dunia saat ini.

Sementara itu, di bidang investasi, Indonesia ingin agar Belanda terus meningkatkan kerjasama di bidang infrastruktur maritim, pengelolaan air, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang kemaritiman dan keperawatan.

"Saya (juga) sampaikan kepada PM Rutte bahwa dalam lima tahun ke depan, saya akan memberikan prioritas pengembangan SDM. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat penting, terutama pendidikan vokasi," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga mengapresiasi pemerintah Belanda yang secara konsisten menghormati kedaulatan NKRI.

Berita Populer