•   Sabtu, 29 Februari 2020
Geliat Partai Politik

PKB-PDI-P Pastikan Usung Calon Sendiri

( words)
FOTO: Ketua PKB dan PDI-P Lamomgan saat menyatakan koalisi di Pilbub


SURABAYA PAGI, Lamongan – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Lamongan telah memutuskan untuk Koalisi dengan PDI Perjuangan dalam menghadapi Pilkada Lamongan 2020 yang akan berlangsung pada pertengahan September mendatang. Kepastian koalisi tersebut diutarakan oleh Ketua DPC PKB Lamongan sekaligus Ketua DPRD Lamongan, Abdul Ghofur.

"Keputusan berkoalisi dalam Pilkada sudah diputuskan saat rapat Konsolidasi pengurus DPC PKB bersama pengurus PAC PKB se-Kabupaten Lamongan di Kantor DPC PKB pada Minggu (12/1/2020) kemarin," kata Ghofur, Jumat (17/1/2020).
Ghofur menjelaskan, rapat konsolidasi tersebut merupakan tindak lanjut dari surat DPC PDIP yang dikirim ke DPC PKB. Surat tersebut merupakan hasil rapat dan keputusan DPC PDIP yang menyatakan dalam pilkada 2020 di Lamongan, PDIP harus berkoalisi.

"Jadi awalnya DPC PDI Perjuangan berkirim surat ke PKB, dan PKB dengan senang hati menerimanya dan sudah kita putuskan resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan," tuturnya.
Dengan kesepakatan koalisi antara PKB dan PDI Perjuangan, Ghofur menegaskan bahwa pihaknya harus menyatukan tekad untuk memenangkan Calon Bupati yang diusung PKB, yaitu Sholahudin.
"PKB satu suara untuk memenangkan Kaji Sholahuddin dan pasti berkoalisi dengan PDIP," ucap Ghofur.
Hanya saja, meski telah berkoalisi dengan PDI Perjuangan, namun untuk posisi wakil bupati mendampingi Sholahuddin belum diputuskan. "Yang penting tahapannya koalisi dulu, untuk calon wakil bupati belum kita putuskan," ujarnya.
Lebih lanjut Ghofur mengatakan, meski PKB saat ini telah resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan, namun PKB masih tetap membuka pintu kepada partai lain yang ingin bergabung dalam koalisi.

"Kami tidak membatasi koalisi, kalau ada partai lain mau bergabung dengan senang hati kami terima," kata Ghofur.
Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Sa’im mengatakan, keputusan Koalisi dengan PKB diambil karena PKB sebelumnya sudah medeklarasikan memutuskan mengusung Sholahuddin menjadi Calon Bupati Lamongan dan Sholahuddin juga mendaftar ke PDIP untuk maju dalam Pilkada 2020.
"Karena PKB sudah memutuskan mengusung Sholahuddin, dan keputusan koalisi PDI Perjuangan dengan PKB juga sudah diputuskan. Makan final sudah, " kata Sa’im. tm/jr

Berita Populer