•   Senin, 18 November 2019
Pemilu

PKB Raih Suara Tertinggi Tingkat Jawa Timur

( words)
Ketua III DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah. Foto: SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Partai Kebangkitan Bangsa sejatinya adalah partai pemenang di Pemilu 2019 untuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Ini karena perolehan suara PKB di 38 Kabupaten/Kota mencapai 4.380.740 suara. Selisih lumayan jauh dengan PDI Perjuangan yang meraih 4.110.205.
Anik Maslachah, Ketua III DPW PKB Jawa Timur mengatakan, PKB tetap peraih suara tertinggi di Pemilu 2019. Namun faktor keberuntungan kursi tidak berpihak ke PKB. Berdasarkan rekapitulasi KPU Jatim, PKB hanya meraih 25 kursi legislatif DPRD Jatim sedangkan PDI-P bisa meraih 27 kursi. “Banyak suara PKB yang mubadzir karena tidak menjadi kursi, karena tidak mencapai sistem penghitungan sainte lague yang diterapkan di Pemilu 2019 ini,” terang Anik, Senin (13/5/2019).
Misalnya di Dapil XIV Madura, suara PKB yang tidak terpakai 200 ribu lebih, kemudian di Dapil VI Malang Raya lalu Dapil XI Nganjuk-Madiun dan Dapil III Pasuruan-Probolinggo. “Intinya PKB tetap menang pada suara, tapi tidak diuntungkan dengan sistem,” ujar Anik.
Meski demikian, PKB juga tetap menang di sejumlah kabupaten/kota di Jatim. Tercatat, PKB sukses meraih kursi terbanyak pada 17 dari 38 Kabupaten/Kota se-Jatim. Dengan hasil itu, PKB berpeluang besar untuk merebut kursi Ketua DPRD di daerah tersebut.
"PKB tetap dominan dengan menjadi pemenang di 17 Kabupaten/Kota di Jatim. Artinya, masih ada 17 Ketua DPRD dari PKB," kata politisi yang juga Ketua Komisi C DPRD Jatim ini.
Berdasarkan penjelasan Anik, PKB berhasil mempertahankan kemenangan di sembilan kabupaten/kota dari Pemilu 2014 silam. Misalnya, di Kabupaten Tuban, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Sumenep, Trenggalek, Bondowoso, Situbondo dan Sampang.
Sedangkan delapan kabupaten lainnya, baru dimenangkan PKB pada Pemilu 2019. Di antaranya, Bojonegoro, Lamongan, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Kota Probolinggo, Lumajang, Jombang dan Jember.

Berita Populer